Kompas.com - 17/06/2014, 11:54 WIB
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki kuartal II 2014, harga properti Jakarta masih yang termahal di seluruh Indonesia. Harga rerata properti, khususnya apartemen, mencapai Rp 24,6 juta per meter persegi dengan perubahan per tahun sebesar 13 persen.

Posisi kedua ditempati Surabaya dengan harga rerata menembus angka Rp 21 juta per meter persegi dan mengalami pertumbuhan sekitar 8 persen per tahun.

Berdasarkan hasil riset Lamudi, situs pencarian properti global, selain Jakarta, dan Surabaya, terdapat sepuluh kota lainnya yang disurvey yakni Manado, Tangerang, Depok, Semarang, Bekasi, Balikpapan, Bogor, Samarinda, Kendari, dan Medan.

Bogor, Manado, dan Balikpapan, memperlihatkan tren menarik dalam dinamika harga. Ketiga kota ini mengalami pertumbuhan signifikan masing-masing sebesar 19 persen, 19 persen, dan 18 persen per tahun.

Harga rerata properti di Bogor saat ini berada pada posisi Rp 11 juta per meter persegi. Sementara harga rerata properti di Manado mencapai level Rp 16,7 juta per meter persegi, dan Balikpapan menembus angka Rp 11,1 juta per meter persegi.

Riset Lamudi juga memperlihatkan kenaikan harga tertinggi terjadi pada properti tipikal tertentu. Di Jakarta, properti tipe satu kamar tidur mengalami lonjakan harga tertinggi sebesar 39 persen menjadi rerata Rp 23,6 juta per meter persegi.

Sedangkan di Bogor, properti dua kamar tidur menunjukkan tren meningkat 48 persen menjadi Rp 11,4 juta per meter persegi. Demikian halnya dengan Balikpapan, properti dua kamar tidur meroket 41 persen menjadi rerata Rp 10,1 juta per meter persegi.

Manado juga menunjukkan tren serupa yakni melejit 48 persen untuk properti dua kamar tidur dengan harga Rp 17,3 juta per meter persegi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.