Apple Indonesia Resmi Berkantor di World Trade Center II

Kompas.com - 26/05/2014, 18:42 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - American Chamber of Commerce in Indonesia (AMCHAM Indonesia) alias Kamar Dagang dan Industri Amerika Serikat, sudah mempublikasi bahwa PT Apple Indonesia berkantor di Metropolitan Complex, World Trade Center II lantai 19, Sudirman, Jakarta.

Kepastian tersebut diungkapkan dalam situs resmi AMCHAM Indonesia sejak 24 Februari 2014 lalu. Artinya, langkah Apple membuka kantor perwakilan di Indonesia bukan lagi angan-angan.

Gedung perkantoran yang ditempati Apple ini merupakan gedung baru yang dirancang mengadopsi konsep hemat energi dan ramah lingkungan. Tak mengherankan, menurut data Colliers International Indonesia, harga sewanya pun termasuk tinggi yakni sekitar 48 dollar AS atau setara Rp 554.914 per meter persegi di luar biaya servis (service charge).

Meski produk Apple sudah sangat dikenal dan juga menjadi salah satu primadona pecinta gadget Indonesia, namun keberadaan kantor Apple di Indonesia sendiri baru saat ini mengemuka. Lantas, inikah tanda-tanda Gerai Apple (Apple Store) akan segera dibuka di Indonesia?

Hingar-bingar rumor seputar pembukaan kantor Apple di Indonesia sebenarnya sudah tersiar sejak 2012 lalu. Kala itu, Apple membuka sejumlah lowongan pekerjaan untuk penempatan di Jakarta. Kemudian, akhir tahun lalu, Apple sudah mendirikan PT Apple Indonesia. Pendirian perusahaan dilakukan di Jakarta Selatan dan ditandatangani oleh Notaris Mala Mukti, S.H., LL.M.

Menanti "kotak" tembus pandang di Jakarta

Meski Apple sudah resmi berkantor di Jakarta, hingga kini belum ada konfirmasi yang lugas mengenai lokasi, apalagi desain Gerai Apple (Apple Store) di Indonesia. Jika Apple jadi membuka gerainya, kemungkinan desain gerai tersebut tidak akan jauh berbeda dari desain gerai-gerai lainnya di seluruh dunia.

Gerai produk Apple, yang dikenal dengan nama Apple Store, umumnya memiliki tipe serupa. Bangunannya didominasi oleh tembok berwarna putih serta material kaca. Setiap gerai pun akan menampilkan citra yang futuristik, muda, dan segar. Citra ini begitu dibanggakan oleh Apple.

Salah satu, gerai yang berhasil menangkap dan menampilkan citra tersebut berada di Fifth Avenue, New York. Pintu masuk gerai ini dibuat dari dinding kaca membentuk "kotak" tembus pandang. Begitu masuk, pengunjung akan bertemu tangga menuju ruang pamer produk Apple.

Akankah "kotak" tembus pandang tersebut juga hadir di Jakarta? Kita tunggu saja.
  

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X