Menara Kompas Tertinggi Ke-12 di Indonesia

Kompas.com - 16/04/2014, 15:25 WIB
Maket gedung Kompas Gramedia TRIBUNNEWS/EKO SUTRIYANTOMaket gedung Kompas Gramedia
|
EditorHilda B Alexander
JAKARTA, KOMPAS.com —  Kelompok Kompas Gramedia mengembangkan tiga gedung perkantoran dalam satu area di kawasan Palmerah, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Salah satu dari tiga gedung tersebut bakal menjadi pencakar langit tertinggi ke-12 di Indonesia.

Menurut data Denton Corker Marshall (Duta Cermat Mandiri), ketinggian gedung tersebut menjulang hingga 226 meter, mencakup 50 lantai. Sementara dua gedung lainnya masing-masing mencakup 18 lantai, dibangun setinggi 92 meter, dan 27 lantai setinggi 138 meter.

Mengacu pada pemeringkatan pencakar langit dunia oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) yang berbasis di Chicago, Amerika Serikat, ketinggian gedung tersebut mengalahkan pencakar angkasa lainnya, baik yang sedang dalam tahap konstruksi, existing, maupun masih dalam tahap proposal.

Menara Kompas akan "menjungkalkan" Waldorf Astoria Office Tower (223 m), Equity Tower (220 m), Telkom Landmark Tower (219 m), The Peak Apartment (219 m), St Regis Office Tower (218 m), dan Graha Energi (217 m).

Sementara itu, peringkat pertama pencakar langit tertinggi akan diduduki Signature Tower Jakarta (638 m), diikuti Pertamina Energi Tower (530 m), Peruri 88 (389 m), dan Thamrin Nine Tower (330 m).

Menariknya, Menara Kompas dirancang dengan mengedepankan bentuk yang unik dan hemat energi. Tahap pertama pembangunan diharapkan selesai tahun depan bertepatan dengan ulang tahun harian Kompas.

CEO Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo menyatakan, Menara Kompas merupakan bentuk cerminan sederhana yang ingin mengajak seluruh karyawan untuk berkembang bersama-sama.

"Perlu ada tanda menunjukkan perusahaan berkembang tumbuh dan dijaga dengan baik. Jadi, usia 50 tahun harus ada yang bisa ditunjukkan sesuatu yang dilihat. Gedung yang dibangun salah satunya," kata Agung, Rabu (16/4/2014).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X