Kowloon Walled City, Inilah "Sisi Gelap" Hongkong yang Mengerikan!

Kompas.com - 01/04/2014, 11:33 WIB
Di pengujung 1990-an, luas 6,5 hektar kawasan Kowloon Walled City, Hong Kong, menjadi rumah bagi setidaknya 33.000 orang, bahkan diperkirakan hingga 50.000 jiwa. www.designboom.comDi pengujung 1990-an, luas 6,5 hektar kawasan Kowloon Walled City, Hong Kong, menjadi rumah bagi setidaknya 33.000 orang, bahkan diperkirakan hingga 50.000 jiwa.
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com — Di pengujung 1990-an, luas 6,5 hektar kawasan Kowloon Walled City, Hongkong, menjadi rumah bagi setidaknya 33.000 orang, bahkan diperkirakan hingga 50.000 jiwa. Itu benar-benar sebuah kepadatan penduduk, paling sedikit untuk area seluas 3,2 juta per mil persegi.

Dengan kata lain, mungkinkah Anda berpikir bisa tinggal di sebuah rumah seluas 1.200 kaki persegi bersama 9 orang lain di dalamnya? Kemudian bayangkan bahwa bangunan milik Anda itu hanya satu unit di antara bangunan lain dua belas lantai gedung tersebut, dan setiap unit lainnya sama penuhnya seperti milik Anda. Nah, bisa dibayangkan, ratusan bangunan seperti itu berdesakkan dalam ruang seukuran empat lapangan sepak bola.

www.designboom.com Semua itu dibangun tanpa campur tangan seorang arsitek. Pada saat itulah, kawasan ini menjadi tempat paling padat penduduknya di planet ini.
Semua itu dibangun tanpa campur tangan seorang arsitek. Pada saat itulah, kawasan ini menjadi tempat paling padat penduduknya di planet ini.

Itulah Kowloon Walled City, seperti digambarkan Greg Girard dan Ian Lambot dalam bukunya "City of Darkness Revisited", sebuah buku yang terus mereka perbarui. Sebuah perkembangan yang tidak biasa untuk memengaruhi para pembuat film, arsitek, penulis, desainer, seniman, ahli tata kota, desainer video game, dan sebagainya.

www.designboom.com Itulah Kowloon Walled City, seperti digambarkan Greg Girard dan Ian Lambot dalam bukunya
Di buku "City of Darkness Revisited" tersebut, keduanya menambahkan hal-hal atau material baru sebagai buku awal catatan fenomena arsitektur itu dengan foto-foto baru, gambar, peta, diagram, wawancara, dan komentar. Buku ini terdiri dari sebanyak 300 halaman dengan lebih dari 300 foto, gambar ,dan ilustrasi. Buku ini rencananya akan diluncurkan pada musim panas 2014 nanti.

www.designboom.com Di pengujung 1990-an, luas 6,5 hektar kawasan Kowloon Walled City, Hong Kong, menjadi rumah bagi setidaknya 33.000 orang, bahkan diperkirakan hingga 50.000 jiwa.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.