Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kowloon Walled City, Inilah "Sisi Gelap" Hongkong yang Mengerikan!

Kompas.com - 01/04/2014, 11:33 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com — Di pengujung 1990-an, luas 6,5 hektar kawasan Kowloon Walled City, Hongkong, menjadi rumah bagi setidaknya 33.000 orang, bahkan diperkirakan hingga 50.000 jiwa. Itu benar-benar sebuah kepadatan penduduk, paling sedikit untuk area seluas 3,2 juta per mil persegi.

Dengan kata lain, mungkinkah Anda berpikir bisa tinggal di sebuah rumah seluas 1.200 kaki persegi bersama 9 orang lain di dalamnya? Kemudian bayangkan bahwa bangunan milik Anda itu hanya satu unit di antara bangunan lain dua belas lantai gedung tersebut, dan setiap unit lainnya sama penuhnya seperti milik Anda. Nah, bisa dibayangkan, ratusan bangunan seperti itu berdesakkan dalam ruang seukuran empat lapangan sepak bola.

www.designboom.com Semua itu dibangun tanpa campur tangan seorang arsitek. Pada saat itulah, kawasan ini menjadi tempat paling padat penduduknya di planet ini.
Semua itu dibangun tanpa campur tangan seorang arsitek. Pada saat itulah, kawasan ini menjadi tempat paling padat penduduknya di planet ini.

Itulah Kowloon Walled City, seperti digambarkan Greg Girard dan Ian Lambot dalam bukunya "City of Darkness Revisited", sebuah buku yang terus mereka perbarui. Sebuah perkembangan yang tidak biasa untuk memengaruhi para pembuat film, arsitek, penulis, desainer, seniman, ahli tata kota, desainer video game, dan sebagainya.

www.designboom.com Itulah Kowloon Walled City, seperti digambarkan Greg Girard dan Ian Lambot dalam bukunya
Di buku "City of Darkness Revisited" tersebut, keduanya menambahkan hal-hal atau material baru sebagai buku awal catatan fenomena arsitektur itu dengan foto-foto baru, gambar, peta, diagram, wawancara, dan komentar. Buku ini terdiri dari sebanyak 300 halaman dengan lebih dari 300 foto, gambar ,dan ilustrasi. Buku ini rencananya akan diluncurkan pada musim panas 2014 nanti.

www.designboom.com Di pengujung 1990-an, luas 6,5 hektar kawasan Kowloon Walled City, Hong Kong, menjadi rumah bagi setidaknya 33.000 orang, bahkan diperkirakan hingga 50.000 jiwa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com