Kompas.com - 19/03/2014, 15:16 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com — Desainer asal Jerman, Juergen Beneke, menemukan solusi istimewa dan sederhana untuk menyimpan sepeda. Dengan menggunakan kreasi Beneke, sarana transportasi yang ramah lingkungan dan relatif murah tersebut bisa menjadi bagian dalam interior rumah. Penemuan ini dia namakan dengan "Shelfie".

Shelfie rupanya tidak hanya untuk menggantung sepeda, tetapi juga bisa untuk menyimpan helm dan beberapa barang berukuran kecil lainnya. Penggunanya hanya perlu menggantung dudukan sepeda pada Shelfie dan menaruh barang-barang lainnya di bagian rak.

"Ketika saya mencari cara menggantung (sepeda) di dinding, saya tidak dapat menemukan satu solusi untuk semua hal," ujar Beneke, yang rupanya juga gemar bersepeda. "Setelah membuat banyak prototipe, mencari tahu sudut yang tepat, lekukan, serta kedalamannya, saya akhirnya mendapatkan desain unik kontemporer dengan fungsi sempurna yang selama ini saya cari."

Untuk membuat prototipenya, Beneke menggunakan tripleks. Namun, untuk produk yang akan dipasarkannya pada masa mendatang, sang desainer akan menggunakan plastik. Kini, proses yang tengah dilalui Beneke masih berada dalam tahap pengumpulan dana.

Juergen Beneke memulai kampanye pengumpulan dana lewat internet. Menurut target, kampanye yang dimulai Maret ini akan mengawali rangkaian proyek lain, yakni perakitan mesin produksi massal pada Mei mendatang, hingga pengiriman Shelfie ke pemesan pada akhir Agustus nanti.

Simak penggunaan Shelfie untuk berbagai jenis sepeda dalam video berikut ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.