Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Teras Susun Hijau", Konsep Cantik Penghalau Panas dan Bising!

Kompas.com - 24/01/2014, 15:13 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Diposisikan empat meter lebar tanah, rumah "Teras Susun Hijau" ada di daerah perumahan kota Ho Chi Minh atau Saigon, Vietnam. Sejatinya, inilah konsep teras susun hijau, mengikuti tradisi Vietnam yang bangga menampilkan alam dalam rumah-rumah mereka.

www.designboom.com Masing-masing teras pada dinding ini kemudian diisi bermacam vegetasi tanaman untuk melindungi penghuni dari sinar matahari langsung. Selain itu, fungsi tanaman-tanaman ini juga untuk menghalau bising dan polusi dari jalan raya yang ramai dan jaraknya terlalu dekat.
Dirancang aristek lokal, Vo Trong Nghia, bagian depan bangunan dan fasad belakang seluruh rumah ini terdiri dari dinding beton. Masing-masing teras pada dinding ini kemudian diisi bermacam vegetasi tanaman untuk melindungi penghuni dari sinar matahari langsung.

www.designboom.com Selain itu, fungsi tanaman-tanaman ini juga untuk menghalau bising dan polusi dari jalan raya yang ramai dan jaraknya terlalu dekat.
Selain itu, fungsi tanaman-tanaman ini juga untuk menghalau bising dan polusi dari jalan raya yang ramai dan jaraknya terlalu dekat.

www.designboom.com Lebih dari itu, teras yang semuanya dibuat hijau ini seolah menjadi
Lebih dari itu, teras yang semuanya dibuat hijau ini seolah menjadi "taman hidup" untuk memberikan keramahan pada lingkungan. Dari perspektif lingkungan, desain Teras Hijau ini memungkinkan hadirnya ventilasi alami dan pendinginan struktur bangunan selama musim kemarau di kota itu.

www.designboom.com Dari perspektif lingkungan, desain Teras Hijau ini memungkinkan hadirnya ventilasi alami dan pendinginan struktur bangunan selama musim kemarau di kota itu.
Anda terinspirasi?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com