Kompas.com - 20/12/2013, 14:59 WIB
Penulis Tabita Diela
|
Editor M Latief

KOMPAS.com - Countertop atau permukaan meja dapur umumnya dibuat dari berbagai material yang kuat. Lebih baik lagi jika countertop tersebut dibuat dengan menggunakan material tahan gores.

Biasanya, permukaan meja dapur bisa dibuat dari batu alam, kayu, plastik laminating, kaca, ubin, kuarsa, bahkan beton. Beton pracetak merupakan salah satu material yang sangat mungkin diberikan sentuhan pribadi. Jayme Guokas sudah membuktikannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Desainer dan pengrajin Jayme Guokas sudah membuat countertop dari beton pracetak bagi pelanggan-pelanggannya. Seperti dikutip dalam Houzz, Guokas memulainya dari ketidaksengajaan membeli buku panduan bekas mengenai cara membuat countertop dari beton. Ia memulai proyek tersebut dari rumah kontrakannya, kemudian membuat untuk rumah teman-temannya, dan kini dia membuatnya secara profesional.

"Hal ini berawal dari proyek membuat-sendiri. Saya melakukannya dan saya tertarik," ujar sang desainer.

Mula-mula, Guokas akan memperingati orang yang mempekerjakannya karena proses pembuatan countertop dari beton tidaklah instan. Antara pengukuran hingga instalasi akhir bisa memakan waktu hingga sebulan penuh.

Pertama-tama, dia akan membuat rangka cetakan dari tripleks berdasarkan pengukuran. Setelah menempatkan melamin, Guokas kemudian menuangkan semen ke dalam cetakan. Perlu diingat, bagian dasar cetakan akan menjadi bagian atas countertop. Berbagai aksen dan hiasan harus dilem di bagian dasar sebelum semen dituang.

Selain ornamen, perlu juga membuat batasan di tempat yang nantinya akan digunakan sebagai lubang wastafel. Guokas menggunakan busa insulasi padat sebagai pembatas yang membentuk lubang untuk wastafel. Sementara itu, untuk dish drain atau bagian mengeringkan piring, dia menggunakan tripleks sebagai cetakan. Di bagian ini juga dia berikan besi-besi berderet.

Setelah semen dituang, beton harus didiamkan selama dua minggu. Setelah sudah cukup kuat, Guokas kemudian mulai proses gerinda dan pemolesan. Dia menggunakan amplas basah dengan sedikit berlian untuk menggerinda beton. Kemudian, beton yang sudah dibentuk tersebut disatukan dengan dempul silikon. Guokas juga memastikan dirinya membubuhkan dua lapis sealant yang aman terhadap makanan agar air tidak bisa masuk ke dalam countertop.

"Ketika sudah kering, air akan menggumpal di permukaannya namun tidak akan masuk dalam beton," ujar Guokas.

Masih ada satu langkah lagi. Langkah terakhir tersebut adalah membubuhkan pasta yang dibuat dari lilin (beeswax) dan minyak mineral hasil campurannya sendiri. Menurut Guokas, hal ini akan memberikan tambahan satu lapis pengaman. Lapisan buatan pabrik, menurutnya, hanya tahan selama sebulan.

"Saya biasanya merekomendasi untuk melapisinya sebanyak satu atau dua kali setahun," ujar Guokas.

Hal yang unik dari countertop buatan Guokas ini tidak hanya karena dia benar-benar bisa membuatnya dari awal, namun juga bisa memberikan ciri khas. Dia bisa "menanamkan" kaca, keramik, besi, atau apa pun yang diinginkan pelanggannya.

Guokas mencontohkan seorang pelanggan yang ingin menaruh sepatu kuda milik kuda masa kecil sang pelanggan. Dia dapat dengan mudah "menanam" sepatu kuda tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Houzz.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.