Kompas.com - 12/12/2013, 21:25 WIB
Festival film dan arsitektur. metropoliFestival film dan arsitektur.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Mexico City akan menjadi tuan rumah festival film dan arsitektur, MEXTRÓPOLI,  pada 22 hingga 26 Maret 2014 mendatang. Acara yang diselenggarakan oleh Arquine Conference tersebut digadang-gadang akan menjadikan Mexico City sebagai episentrum bagi dunia arsitektur dan pemimpin transformasi kreatif.

Acara tersebut merupakan sebuah proyek kritis yang akan mendorong dan mempromosikan kebudayaan, dan memotivasi generasi muda turut berpartisipasi dalam pertumbuhan urban, dan menampilkan warisan artistik Mexico City. Sebanyak 30 aktivitas akademik, kebudayaan, dan pariwisata akan berpartisipasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Festival ini terdiri atas kuliah umum (atau disebut dengan Listen) yang menghadirkan para pionir dalam dunia arsitektur dan desain urban dari berbagai negara. Setidaknya, 20 nama sudah mengonfirmasi sebagai pembicara, mulai dari Mantan Gubernur Bogota Antanas Mockus dari Columbia, Mantan Gubernur Curitiba Jaime Lerner dari Brazil, hingga Mantan Gubernur Barcelona Jordi Hereu dari Spanyol.

Selain kuliah umum, ada pula dialog (Dialogue) yang terdiri atas acara bincang-bincang meja bundar, dialog urban, dialog politik, hingga beberapa program khusus. Program ini akan mengikutsertakan opini seputar kota, moda transportasi, kependudukan, dan masalah kota.

Bengkel kerja atau workshop (Participate) pun ikut digelar. Temanya tidak jauh terpaut dari segmen Listen dan Dialogue. Bengkel kerja mendiskusikan dan mengajak peserta turut ambil bagian dalam proyek mengenai kota, taman, dan mural.

Sesuai dengan program utama acara ini, film dan arsitektur, MEXTRÓPOLI juga akan memutar film dokumenter dan menampilkan presentasi pencahayaan.

Terakhir, peserta bakal diajak berkeliling kota, baik dengan menggunakan sepeda, maupun  berjalan kaki.

Menurut estimasi, sebanyak 800.000 orang hadir selama festival. 300.000 diharapkan hadir di pusat acara, di Historical Center, 150.000 anggota komunitas Arquine, dan 5.000 peserta konferensi.

Sementara itu, kabar penyelenggaraan acara ini mulai disebarkan akhir tahun 2013 dengan memanfaatkan jumlah penduduk setempat yang mencapai 20 juta jiwa.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.