Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanye West Serius Geluti Arsitektur!

Kompas.com - 07/12/2013, 12:12 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah video terbaru Dezeen menampilkan wawancara dengan musisi Kanye West. Ia menceritakan kembali kerja samanya dengan arsitek ternama asal Belanda, Rem Koolhaas.

Wawancara ini dibuat oleh anak Koolhaas, Tomas Koolhaas. Dalam video dokumenter tersebut, West juga membicarakan mengenai ambisinya bagi perusahaan desain DONDA miliknya. "Musik telah benar-benar menjadi Kuda Troya untuk menciptakan seni kembali," ujar West.

Ia sangat menyukai karya Kolhaas dan menceritakan kembali mengenai pengalamannya bekerja dengan perusahaan milik sang arsitek, OMA, pada 2012.

"Saya hanya suka fakta bahwa saya mampu menggunakan posisi saya sebagai musisi, sebagai penyanyi rap, dan sebagai selebriti, dan mampu berinvestasi dalam proyek bersama perusahaan sekaliber itu," ujarnya.

Wawancara ini direkam Oktober lalu. Selama proses pembuatannya, Kanye West selalu mengulang deklarasi ambisi desainnya. West pertama kali mengungkapkan hal ini dalam wawancara di BBC Radio 1 September lalu.

Sejak saat itu, West secara konsisten mengungkapkan hal tersebut. Dia bahkan sempat mengunjungi Harvard dalam agenda serupa.

"Saya pergi ke perguruan tinggi dengan beasiswa seni, saya peringkat pertama, tahu, jadi musik benar-benar menjadi Kuda Troya untuk benar-benar menciptakan seni kembali," uajrnya.

"Apa yang Anda pikir paling banyak menghabiskan waktu saya ketika saya menciptakan tur? Visualnya. Saya lebih merupakan seniman visual dan pencipta produk," imbuh West.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com