Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setinggi 530 Meter, Inilah Tampilan Pertamina Energy Tower...

Kompas.com - 12/12/2013, 13:48 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com — Setinggi 530 meter, Pertamina Energy Tower akan menjadi kantor pusat PT Pertamina (Persero) yang akan tercatat sebagai gedung pencakar langit tertinggi kesembilan di dunia. Dirancang oleh Skidmore Owings Merrill (SOM), Pertamina Energy Tower akan menjadi nuansa baru di langit Jakarta.

Dengan struktur bangunan terdiri dari 99 lantai, SOM merancang gedung ini sebagai gedung berdesain berkelanjutan, seperti membuat bentuk corong angin pada puncak gedungnya sebagai penangkap energi.

www.designboom.com Jalan-jalan di sekitar gedung akan ditutup photovoltaic sebagai penghubung antar gedung sekaligus melindungi paparan cuaca dan membangun berbagai ruang publik yang dapat diakses siapa saja.
Dikalibrasi untuk mengikuti kondisi geografis Jakarta, fasad gedung ini dibuat melengkung dengan ekstensi fitur brise soleil yang akan memastikan suhu di dalam gedung senantiasa nyaman sepanjang tahun. Cara ini juga akan dapat mengurangi kebutuhan pencahayaan buatan. Sementara itu, jalan-jalan di sekitar gedung akan ditutup photovoltaic sebagai penghubung antargedung sekaligus melindungi paparan cuaca dan membangun berbagai ruang publik yang dapat diakses siapa saja.

Gedung ini diharapkan berfungsi sebagai "kota dalam kota", membawa bersama-sama hidup, bekerja, sekaligus ruang rekreasi. Di dalamnya akan dibangun sebuah auditorium berkapasitas 2.000 kursi, sebuah pusat olahraga besar, serta sebuah masjid besar.

www.designboom.com Pertamina Energy Tower ini akan berlokasi di kawasan superblok Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.
Dijadwalkan dapat beroperasi pada 2020 mendatang, SOM mengklaim bahwa pembangunan proyek ini akan mengurangi kebutuhan air pada seluruh gedung dan meminimalkan emisi karbon dioksida sebesar 26 persen, serta menghasilkan 25 persen sumber energi terbarukan pada 2020.

Seperti diberitakan sebelumnya di Kompas.com (Pertamina Energy Tower, Nomor 9 Tertinggi di Dunia!), PT Pertamina (Persero) telah memulai retasan impian membangun salah satu pencakar langit tertinggi di Indonesia yang ditandai peletakan batu pertama, Senin (9/12/2013). Pencakar langit bernama Pertamina Energy Tower ini akan berlokasi di kawasan superblok Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com