Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Cantik di Bekas Garasi Bawah Tanah

Kompas.com - 05/12/2013, 13:39 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Desainer asal Italia, Carlo Baglian, berhasil mengubah wajah lingkungan perumahan di Genova, Italia, dengan konsep uniknya. Salah satu contohnya ia mendesain ulang garasi parkir bawah tanah sebagai kantor arsitektur.

Bekerja sama dengan Stefano Mattioni dan Pamela Sassisa, Bagliani benar-benar mengulang struktur asli yang dirancang oleh studio arsitektur Sp10 pada bangunan ini. Sebagai ruang kerja, ia memanfaatkan material-material ramping dan berwarna gelap. Hal ini cukup sukses mengubah tampilan kerangka bangunan di bawah tanah itu.

www.designboom.com Dilihat dari luar, panel kaca panjang yang ia gunakan memungkinkan orang bisa mengintip interior di dalam kantor ini. Bagliani menyandingkan panel kaca ini dengan dinding dan langit-langit berwarna hitam serta lantai dari kanvas karet.
Dilihat dari luar, panel kaca panjang yang ia gunakan memungkinkan orang bisa mengintip interior di dalam kantor  ini. Bagliani menyandingkan panel kaca ini dengan dinding dan langit-langit berwarna hitam serta lantai dari kanvas karet.

www.designboom.com Bagliani juga membagi dinding ruangan menjadi dua, dengan satu sisinya dijadikan sebagai ruang dapur. Fasadnya dibiarkan kosong berlubang yang digunakan sebagai lemari penyimpan peralatan. Adapun ruang di sekitarnya dibiarkan terbuka untuk para karyawan berkumpul dan berkomunikasi.
Bagliani juga membagi dinding ruangan menjadi dua, dengan satu sisinya dijadikan sebagai ruang dapur. Fasadnya dibiarkan kosong berlubang yang digunakan sebagai lemari penyimpan peralatan. Adapun ruang di sekitarnya dibiarkan terbuka untuk para karyawan berkumpul dan berkomunikasi.

www.designboom.com Fasadnya dibiarkan kosong berlubang yang digunakan sebagai lemari penyimpan peralatan. Adapun ruang di sekitarnya dibiarkan terbuka untuk para karyawan berkumpul dan berkomunikasi.
Untuk tata letak, Bagliani menghadirkan setiap meja yang dilengkapi dua buah lampu. Hal ini menyebabkan munculnya efek cahaya yang berbeda-beda, serta menghadirkan bayangan pada langit-langit, dan permukaan dinding.

Sementara untuk memlihatkan luasnya ruangan, ruangan kantor ini dibiarkan bersih dari bermacam aksesoris pendukung seperti kabel listrik. Semua sistem listrik di ruangan ini terkonsentrasi ke satu dinding di bawah jendela sehingga bebas dari berantakan dan nyaman di ruang kerja "nirkabel".

Anda terinspirasi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com