Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintang Pertunjukkan Itu adalah Panel Solar Raksasa Jepang....

Kompas.com - 05/12/2013, 10:25 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Penggunaan panel solar kini sudah sampai ke rumah-rumah pribadi. Memanfaatkan panas matahari pun mulai dikenal luas mampu berfungsi dengan baik sebagai pengganti tenaga listrik. Namun, panel solar seringkali dipandang hanya sekadar "tempelan".

Untuk itulah, Archdaily mempertanyakan pandangan tersebut setelah Kagoshima Nanatsujima Mega Solar Power Plant di Jepang menempatkan panel solar sebagai inti konstruksi. Kagoshima Nanatsujima Mega Solar Power Plant merupakan pembangkit listrik bertenaga 70 megawatt yang mampu mengalirkan listrik pada 22.000 rumah.

www.designboom.com Sangat besar, memang. Panel surya ini menempati areal seluas 1,27 juta meter persegi atau sama dengan 27 stadion bisbol.
Saat ini, dengan hadirnya panel solar raksasa itu, Jepang berhasil "menyulap" pembangkit listrik tersebut menjadi tujuan wisata (Baca:  Edan... Jepang Bikin Panel Surya Raksasa!). Seperti dikutip dalam Metropolismag.com, pembangkit listrik ini merupakan infrastruktur luar biasa yang tampak seperti lapangan terbang alien, lengkap dengan dek observasi, ruang melihat pemandangan, dan ruang pamer ilmu mengetahuan. Semua fitur unik ini seolah menjadi pigura bagi pemandangan cantik di dekat gunung berapi Sakurajima.

www.designboom.com Panel surya yang dinamai dengan Kagoshima Nanatsujima itu berada di lepas pantai Jepang selatan. Posisinya menghadap langsung ke Teluk laut dan gunung berapi Sakurajima.
Kagoshima Nanatsujima Mega Solar Power Plant juga merupakan fasilitas solar terbesar di Jepang. Fasilitas tersebut dibangun oleh raksasa perusahaan elektronik Kyocera sebagai respon simbolis bencana nuklir Fukushima 2011 lalu. Sebelum bencana, nuklir berpotensi menjadi salah satu sumber energi ramah lingkungan bagi negara tersebut. Namun, Jepang kini terpaksa beralih dari solusi tersebut.

Sayangnya, pembangkit listrik ini memiliki kemampuan terbatas. Maka itu, keberadaan tidak benar-benar mengubah keadaan. Hanya saja, dengan dibangunnya fasilitas pembangkit listrik ini, Bloomberg mencatat, Jepang berhasil mengukuhkan diri sebagai pasar solar yang berkembang tercepat di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com