Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edan... Jepang Bikin Panel Surya Raksasa!

Kompas.com - 28/11/2013, 12:44 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Gempa bumi dan tsunami di lepas Pantai Jepang pada 2011 lalu merupakan bencana yang juga membawa kecelakaan nuklir monumental ke kota-kota yang terkena dampaknya. Karena itulah, Jepang memiliki motivasi tinggi untuk mempertimbangkan dan melaksanakan produksi energi surya.

Baru-baru ini, produsen elektronik Jepang, Kyocera, meluncurkan pembangkit listrik tenaga surya terbesar di negara itu. Dengan kekuatan 70 megawatt, Kyocera membangun panel surya tersebut di perfektur Kagoshima sebagai fasilitas sangat berguna dalam skala terbesar di negara itu.

www.designboom.com Panel surya yang dinamai dengan Kagoshima Nanatsujima itu berada di lepas pantai Jepang selatan. Posisinya menghadap langsung ke Teluk laut dan gunung berapi Sakurajima.
Memang, program restrukturisasi yang diluncurkan oleh Pemerintah Jepang telah menetapkan persyaratan utilitas lokal membeli 100 persen daya dari instalasi surya lebih dari 10 kilowatt untuk jangka waktu 20 tahun. Promosi untuk penggunaan energi terbarukan ini dimulai pada Juli 2012 lalu dan akhirnya mulai beroperasi pada 1 November 2013. 

Panel surya yang dinamai dengan Kagoshima Nanatsujima itu berada di lepas pantai Jepang selatan. Posisinya menghadap langsung ke Teluk laut dan gunung berapi Sakurajima.

Sangat besar, memang. Panel surya ini menempati areal seluas 1,27 juta meter persegi atau sama dengan 27 stadion bisbol. Saking besarnya, tampilannya dari udara tampak seperti bandar udara.

www.designboom.com Sangat besar, memang. Panel surya ini menempati areal seluas 1,27 juta meter persegi atau sama dengan 27 stadion bisbol.
Publik pun bisa menikmati panel surya ini sebagai "hiburan" baru. Pasalnya, fasilitas tur disediakan untuk pengunjung, pelajar, dan wisatawan dengan panorama luas di sekilingnya. Pengunjung bisa berkeliling menikmati fasilitas berupa ruang-ruang informasi yang relevan tentang isu-isu lingkungan serta stimulus dalam pemahaman sumber daya energi terbarukan untuk ruang publik Jepang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com