Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarung Bantal Bermasalah? Ini Solusinya!

Kompas.com - 05/12/2013, 10:49 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Sarung bantal bisa menjadi penyebab masalah kulit, terutama kulit wajah. Jika hal ini terjadi pada Anda, segera lakukan tindakan pencegahan sebelum luka dan jerawat yang ada di wajah Anda semakin parah.

Tindakan preventif menjaga kebersihan di sekitar Anda adalah hulu dari munculnya permasalahan kulit tersebut. Berikut ini beberapa hal bisa Anda lakukan sebagai langkah pencegahan.

Sebenarnya, selain sarung bantal, masih banyak hal berpotensi membuat jerawat muncul di wajah Anda. Seperti dikutip dari Huffington Post, President Control Corrective Skincare System Ellen Clark mengungkapkan bahwa tidak semua orang akan jerawatan karena sarung bantal (Baca: Diam-diam, Sarung Bantal Menyimpan Bahaya...).

www.shutterstock.com Terakhir, pastikan Anda mencuci sarung bantal atau menggantinya setiap dua atau tiga hari. Hal ini mampu mencegah Anda tidur di atas tumpukan minyak selama berminggu-minggu.
"Jika Anda rentan terhadap jerawat, apakah itu disebabkan oleh hormon, genetika, stres, sarung bantal bisa memperburuk situasi yang sudah rentan dan menyebabkan mikro iritasi," ujarnya.

Karena itu, lanjut Clark, usahakan selalu mencuci wajah Anda setiap malam. Meski tampaknya hal ini merupakan sesuatu yang jelas, namun hal ini mampu menyingkirkan kotoran dan riasan muka sampai di sarung bantal dan seprai Anda. Pastikan Anda berkonsultasi pada dermatologis dan meminta pendapat profesional mereka atas rekomendasi cara merawat kulit wajah yang terbaik untuk Anda.

Selain itu, usahakan tidur dengan menggunakan sarung bantal yang terbuat dari bahan alami. Ini hal paling utama perlu diperhatikan. Menurut Clark, bahan-bahan alami mampu "bernapas" dengan lebih baik dan mentransfer lebih sedikit minyak. Lagipula, jika Anda menggunakan obat jerawat yang mengandung benzoyl peroxide atau retinol, produk ini dapat menumpuk di permukaan sarung bantal.

"Gunakan sarung bantal berwarna putih karena bahan-bahan ini mampu membuat sarung bantal Anda berwarna putih," ujarnya.

Terakhir, pastikan Anda mencuci sarung bantal atau menggantinya setiap dua atau tiga hari. Hal ini mampu mencegah Anda tidur di atas tumpukan minyak selama berminggu-minggu.

Namun, perhatikan juga bahwa pelembut cucian cair mampu meninggalkan residu yang mampu menutup pori-pori Anda. Usahakan hindari penggunaan pelembut pakaian pada sarung bantal Anda. Agen pelembut merupakan sumber masalah yang mampu menutup pori-pori Anda. Jadi, hindari penggunaan pelembut pakaian, meski tanpa parfum sekali pun.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com