Kompas.com - 03/12/2013, 10:57 WIB
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Setelah Inggris, dan Amerika Serikat, pengembang China mulai melirik negeri jiran, Malaysia.

Adalah Guangzhou R & F Properties akan membangun imperium bisnis propertinya di sini. Mereka mengakuisisi lahan seluas 46,9 hektar di enam lokasi berbeda di Malaysia, senilai 1,4 miliar dollar AS atau Rp 16,3 triliun.

Untuk tahap awal, Guangzhou R & F Properties berencana membangun properti komersial dan residensial, mencakup rumah, perkantoran, hotel dan pusat belanja dengan total luas bangunan 3,5 juta meter persegi.

Di Johor, mereka membeli lahan dari Kesultanan Johor. Pembelian lahan besar-besaran tersebut, merupakan kali pertama yang dilakukan oleh investor asing.

Aksi ekspansi Guangzhou R & F Properties ini menggenapi pertumbuhan investasi asing yang dilakukan pengembang China sebagai akibat kondisi properti dalam negeri yang mengalami overheating.

Investasi di mancanegara ini termasuk proyek apartemen di kota New York, Amerika Serikat, dan sebuah hotel serta apartemen di London, Inggris.

"Langkah Guangzhou R & F Properties ini sebagai upaya mendiversifikjai portofolio investasi di luar China akibat pembatasan properti dalam negeri yang tak kunjung berakhir," ujar analis Mizuho Securities Asia Ltd., Alan Jin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.