Properti di Negeri Cristiano Ronaldo Mulai Bangkit!

Kompas.com - 21/09/2013, 14:32 WIB
Pertumbuhan pasar properti Portugal semakin melesat. Pada semester I 2013 mencatat investasi 161 miliar Euro. uniworld.comPertumbuhan pasar properti Portugal semakin melesat. Pada semester I 2013 mencatat investasi 161 miliar Euro.
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com — Pasar properti negara asal bintang sepak bola dunia, Cristiano Ronaldo, mulai menunjukkan isyarat perubahan haluan ke arah lebih baik. Ini dimungkinkan setelah investasi properti komersial meningkat lebih dari tiga kali lipat pada semester pertama tahun ini.

Menurut riset Cushman & Wakefield, pengeluaran untuk properti komersial meroket 161 juta euro atau sekitar Rp 2,4 triliun selama paruh perdana hingga Juni 2013. Padahal periode sebelumnya hanya 47 juta euro (Rp 720 miliar).

Tak hanya properti komersial, investasi di sektor perumahan pun melejit 60 persen secara tahunan menjadi 230 juta euro (Rp 3,5 triliun).

"Semester I tahun 2013 menunjukkan beberapa tanda-tanda kembalinya kepercayaan investor. Harga properti akan tetap stabil sampai akhir tahun ini dan kemungkinan pertumbuhan berlanjut tahun depan," kata Cushman.

Sebagaimana diketahui, pasar properti Portugal mengalami tahun-tahun terburuk dalam beberapa dasawarsa hingga 2012. Nilai investasi di sektor properti komersial terus anjlok sebanyak 50 persen.

Perekonomian Portugal, yang mendapat kucuran dana (bail out) 78 miliar euro (Rp 1.195 triliun) pada 2011, tumbuh 1,1 persen selama kuartal kedua dari tiga bulan sebelumnya. Ini merupakan, kenaikan pertama sejak 2010.

Selain itu, menurut Biro Pusat Statistik setempat, pertumbuhan ekspor juga mengalami akselerasi yang menimbulkan harapan kawasan Eropa (terutama bagian Selatan) bakal keluar dari resesi berkepanjangan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X