Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Desain Kamar Mandi MInimalis yang Mudah Dibersihkan

Jika demikian halnya, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut ini. Solusinya terletak pada desain kamar mandi minimalis yang gampang dibersihkan.

Tips penting untuk Anda yang sedang dalam proses membangun rumah atau akan merenovasi kamar mandi.

1. Desain Kamar Mandi Minimalis Berukuran Kecil

Kamar mandi berukuran kecil dengan desain minimalis akan jauh lebih mudah dibersihkan ketimbang kamar mandi berukuran besar.

Tentunya Anda tetap bisa menuangkan desain yang menyesuaikan selera dan kondisi rumah Anda.

2. Meminimalisasi Penggunaan Grout atau Celah Keramik

Noda pada grout terbilang sulit untuk dibersihkan walaupun Anda sudah menggunakan berbagai jenis cairan pembersih.

Solusinya? Apabila Anda menyukai keramik, maka pilihlah yang berukuran besar. Keramik berukuran besar akan menggunakan sedikit grout.

Semakin sedikit grout yang digunakan, maka akan semakin mudah untuk melindunginya dari noda dan kotoran.

Untuk tujuan ini, Anda bisa menggunakan lapisan khusus pelapis grout atau grout sealer yang dapat membantu mempertahankan warna asli grout sekaligus melindunginya dari lumut.

Pilihan lainnya adalah menggunakan epoxy grout yang anti air dan mampu melindungi tampilan grout selama kurang lebih 15 tahun ke depan.

Penggunaan cat dinding gelap di kamar mandi minimalis (Sumber: designsponge.com)

Selain keramik, Anda juga bisa menggunakan material lain untuk dinding kamar mandi seperti batu alam, granit, lapisan porselen, lapisan vinyl, dan kaca. Untuk area yang tidak bersentuhan langsung dengan air, Anda bisa menggunakan cat dinding khusus yang anti air dan anti jamur. Jenis lapisan seperti itu tidak menggunakan grout dan mudah untuk dibersihkan.

3. Memasang Exhaust Fan

Sesuaikan ukuran exhaust fan dengan ukuran kamar mandi. Bila kamar mandi tersebut berukuran besar dan tidak memiliki jendela, pilih exhaust fan berukuran besar, dan begitu pula sebaliknya.

Saat ini, exhaust fan tersedia dalam berbagai jenis, ukuran, model, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Satu tips lagi, pilihlah exhaust fan yang tidak berisik sehingga Anda tidak terganggu dengan suaranya.

4. Wall-mounted Toilet, Kabinet, dan Vanity yang Tidak Menyentuh Lantai

Selain itu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan adanya genangan air yang akan merusak bagian bawah vanity atau kabinet Anda.

Khusus untuk toilet, saat ini Anda bisa menemukan wall-mounted toilet yang tidak menyentuh lantai sama sekali.

Bila hal ini tidak memungkinkan, gunakan jenis toilet duduk modern model one piece yang tidak memiliki banyak lekukan agar lebih mudah dibersihkan.

5. Gunakan Shower Glass Tanpa Frame

Frame pada shower glass merupakan tempat berkumpulnya kotoran seperti sisa sabun yang sulit dibersihkan.

Agar proses membersihkan shower glass menjadi lebih mudah, Anda bisa menggunakan lapisan khusus anti air dan anti sabun pada permukaan shower glass.

Jika Anda tidak menyukai shower glass namun tetap menginginkan privasi saat sedang menggunakan shower, gunakan tirai khusus yang dapat dengan mudah dibersihkan dengan mesin cuci.

6. Sediakan Tempat Khusus untuk Menyimpan Semua Benda

Agar barang-barang Anda tidak berserakan, pastikan untuk menyiapkan tempat khusus seperti vanity atau kabinet untuk menyimpan semua benda tersebut.

Maksimalkan penggunaan ruang penyimpanan untuk lebih menonjolkan kesan kamar mandi minimalis dan membuatnya terlihat lebih luas.

Desain kamar mandi minimalis memberikan keuntungan lebih mudah dibersihkan. Semakin sedikit furnitur, maka semakin sedikit terbentuknya celah yang biasanya menyulitkan kegiatan menyikat kamar mandi.

Lebih mudah lagi apabila Anda membangun kamar mandi tanpa bak. Kegiatan membersihkan kamar mandi menjadi lebih hemat waktu, tenaga, dan biaya.

https://properti.kompas.com/read/2019/09/07/120000621/6-desain-kamar-mandi-minimalis-yang-mudah-dibersihkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke