Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusunami Dekat 3 Stasiun KRL Dibanderol Rp 294 Juta

Kompas.com - 27/04/2017, 18:35 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

TANGERANG SELATAN, KompasProperti - PT PP (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT PP Urban memulai pengerjaan pembangunan rumah susun milik (rusunami) khusus masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dari kalangan pekerja dan buruh.

Pengerjaan itu ditandai dengan peresmian pemancangan tiang pertama atau groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (27/4/2017).

Baca: Jokowi Yakin Buruh Mampu Beli Rusunami dengan DP 1 Persen

Kompleks rusunami bernama PP Urban Town@Serpong yang dikhususkan bagi para pekerja di daerah Serpong, Tangerang Selatan, Banten ini dibangun di atas lahan milik PT Ruragraha (Bukit Sarua Development).

"Di sini kami membangun 6.000 unit rusunami untuk pekerja MBR. Rusun ini paling strategis di antara rusun lainnya karena dekat dengan tiga stasiun KRL dan hanya berjarak beberapa kilometer dari jalan tol," tutur Komisaris Utama PT PP Andi Gani Nena Wea, di lokasi proyek, Kamis (27/4/2017).

PP Urban yang sebelumnya bernama PP Precast membangun 11 menara rusunami dengan rincian sembilan menara untuk kelas MBR dan dua sisanya ditujukan untuk kelas menengah atas.

Secara total pengembangan rusunami tersebut akan terdiri dari 9.000 unit di atas lahan lebih dari 8,5 hektar.

"Ini kawasan PP Urban untuk total pengembangan lahannya 10 hektar, tapi yang khusus sembilan menara MBR sekitar 6,7 hektar tanahnya," sebut Direktur Konstruksi Gedung PT PP M Aprindy dalam kesempatan yang sama.

Aprindy menambahkan, rusunami ini akan dibangun bertahap hingga empat tahun mendatang, tetapi PP Urban menargetkan rampung hanya dalam dua tahun.

Apartemen ini dikombinasikan dengan kantor dan ritel yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di kawasan tersebut.

Adapun luas unitnya adalah 30 meter persegi yang terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur dan ruang keluarga dengan harga Rp 8,4 juta per meter persegi atau sekitar Rp 294 juta.

PP Urban Town@Serpong dilengkapi dengan fasilitas umum dan sosial seperti penitipan anak para pekerja, playground, play group, serta fasilitas penunjang keseharian lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com