Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Tol Batang-Semarang Sudah Termasuk Subsidi Trans-Sumatera 25 Km

Kompas.com - 17/06/2016, 17:22 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

BATANG, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Batang Semarang Seksi I dan II resmi dilakukan hari ini, Kamis (17/6/2016).

Kedua seksi ini ditargetkan bisa beroperasi pada Lebaran 2017 mendatang. Pada pengoperasiannya nanti, tarif yang dibebankan kepada pengguna jalan ini sebagian akan digunakan untuk membangun Tol Trans-Sumatera sepanjang 25 kilometer.

"Dukungan konstruksi tersebut merupakan salah satu upaya terobosan sebagai bentuk cost subsidi yang layak dan kurang layak secara finansial," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat sambutan acara Ground Breaking Tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang, di Batang, Jawa Tengah, Jumat (17/6/2016).

Basuki menuturkan, penentuan subsidi silang tersebut menjadi parameter yang dipertandingkan dalam pelelangan pengusahaan jalan tol sebelum PT Jasa Marga Semarang-Batang dimenangkan.

Sebagai pengelola tol, PT Jasa Marga Semarang-Batang ini akan melakukan Konstruksi Jalan Tol Trans-Sumatera sepanjang lebih kurang 25 kilometer tersebut. Sedangkan di Batang-Semarang, konsorsium ini membangun tol sepanjang 75 kilometer.

Selaku pemenang lelang, PT Jasa Marga Semarang-Batang terdiri atas dua pemegang saham, yaitu PT Jasa Marga dan Waskita Toll Road dengan keseluruhan biaya investasi sebesar Rp 11 triliun.

Tol ini terdiri dari 5 seksi. Seksi I Batang-Batang Timur, Seksi II Batang Timur-Waleri, Seksi III Waleri-Kendal, Seksi IV Kendal-Kaliwungu, dan Seksi V Kaliwungu-Krapyak.

Hingga saat ini, kata Herry, progres pembebasan lahan sendiri adalah 95 persen untuk Seksi I, 41 persen untuk Seksi II, dan 4,5 persen untuk Seksi III.

Sementara untuk Seksi IV dan V, pembebasan lahan belum dilakukan sama sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com