Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Integrasi, Lewat Gerbang Tol Cikampek-Cipali Cuma 3 Detik

Kompas.com - 16/06/2016, 19:03 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan sistem jalan tol klaster 1 dan 2 di Brebes Timur, Jawa Tengah, Kamis (16/6/2016).

Klaster 1 adalah Cikarang Utama-Palimanan, sementara klaster 2 adalah Palimanan-Brebes Timur. Sistem integrasi ini diyakini bisa mengurai kemacetan di ruas-ruas tol tersebut.

"Memperpendek waktu transaksi. Kalau biasanya 1 kali transaksi 10 detik sampe 15 menit, setelah ini cuma 3 detikan," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, usai peresmian tersebut.

Integrasi ini juga mempercepat mobil yang melintas di gerbang-gerbang tol, tanpa harus melakukan transaksi.

Setelah diintegrasi, kata Basuki, gerbang tol hanya berjumlah 3 dibandingkan sebelumnya yang berjumlah 7 gerbang. Sistem integrasi ini akan berlaku selamanya, tidak hanya menjelang atau saat Lebaran.

Sementara itu, terkait tarif tol sendiri adalah Rp 109.500 untuk klaster 1 dan Rp 20.000 untuk klaster 2. Mengenai diskon untuk klaster 2 yang baru saja diresmikan, hal tersebut menjadi wewenang badan usaha jalan tol (BUJT) terkait.

"Kami lagi imbau (untuk beri diskon), tapi itu tergantuk BUJT. Tarifnya sendiri mungkin mulai berlaku Senin (20/6/2016)," jelas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com