Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang Resmi Dimulai

Kompas.com - 17/06/2016, 13:07 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

BATANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meresmikan pembangunan Jalan Tol Pemalang Batang dan Batang-Semarang. Kedua tol ini diharapkan bisa beroperasi pada 2018.

Meski demikian, pengadaan tanahnya masih kurang dari 30 persen. Untuk Tol Pemalang-Batang pembebasan lahan baru berjalan 12 persen, sementara Batang-Semarang baru 20 persen.

"Jika ruas jalan tol ini dapat diselesaikan pada tahun 2018, maka pelaksanaan konstruksi dilakukan secara paralel dengan pengadaan tanahnya," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat sambutan acara Ground Breaking Tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang, di Batang, Jawa Tengah, Jumat (17/6/2016).

Basuki mengatakan pengusahaan Pemalang-Batang sepanjang 39 kilometer akan dilaksanakan oleh PT Pemalang Toll Road.

Konsorsium ini terdiri dari PT Sumber Mitra Jaya, dan PT Waskita Toll Road. Sementara keseluruhan investasinya adalah sebesar Rp 4,8 triliun.

Adapun untuk pengusahaan Jalan Tol Batang-Semarang adalah sepanjang 75 kilometer dan dilaksanakan oleh PT Jasa Marga Semarang-Batang.

Pemegang sahamnya terdiri atas PT Jasa Marga (persero) Tbk dan Waskita Toll Road dengan keseluruhan biaya investasi sebesar Rp 11 triliun.

Selain itu, Basuki juga mengatakan, Jalan Tol Batang-Semarang ini merupakan proyek jalan pertama yang menggunakan mekanisme penjaminan dari PT Penjaminan Inftrastruktur Indonesia.

"Fasilitas tersebut diharapkan akan menurunkan risiko investasi sehingga meningkatkan minat swasta dan perbankan untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur," jelas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com