Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metland Siap Kembangkan 17 Proyek Komersial

Kompas.com - 24/05/2016, 09:20 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Metropolitan Land Tbk (Metland) bersiap untuk mengembangkan 17 proyek komersial baru di lahan-lahan yang telah diakuisisi dan dimiliki di seluruh kawasan Jadebotabek.

Presiden Direktur Metland Thomas J Angfendy menjelaskan, lahan yang dimanfaatkan untuk pengembangan komersial baru tersebut merupakan land bank perseroan. 

"Untuk kebutuhan itu, kami belum akan mengakuisisi atau membeli lahan baru. Namun begitu, kami sedang membidik lahan-lahan di kawasan prospektif. Masih dikaji," ujar Thomas kepada Kompas.com, Senin (23/5/2016).

Menurut Thomas, kawasan Jadebotabek, terutama pinggiran atau sub urban area masih merupakan pasar terbesar dan menjanjikan. Selain karena faktor populasi, dan pasarnya yang besar, juga daya beli. 

Karena itu, Metland masih akan menjadikan kawasan seperti Bekasi, Puri Indah, dan Cileungsi sebagai profit center.

"Lahan masih luas, dan pengembangan masih terus dilakukan," sebut Thomas.

Wakil Presiden Direktur Metland Anhar Sudradjat menambahkan 17 proyek komersial tersebut terdiri dari 3 hotel, 7 apartemen, dan 7 perkantoran. 

"Itu merupakan rencana pengembangan selama lima tahun ke depan," imbuh Anhar.

Pengembangan seluruh proyek komersial tersebut merupakan bagian dari mixed use development di lahan-lahan yang sudah dikuasai.

Metland, kata Anhar, tidak mungkin menambah cadangan tanah lagi, karena harganya sudah sangat tinggi.

"Tahun depan kami membangun Metland Millenial City seluas 70 hektar dan terintegrasi dengan stasiun Cibitung," jelas dia.

Adapun untuk kinerja 2015 Metland membukukan laba bersih Rp 214,27 miliar. Angka ini menurun 20,1 persen dari tahun lalu.

"Pelemahan ekonomi sepanjang 2015 berdampak terhadap menurunnya penjualan dan pendapatan usaha Metland sebesar 2,5 persen yang diikuti penurunan laba bersih," jelas Direktur dan Sekretaris Perusahaan Metland, Olivia Surodjo.

Sementara untuk target penjualan tahun ini, menurut olivia tidak jauh berbeda dengan pencapaian tahun lalu yakni Rp 1,3 triliun. Tahun lalu, Metland mencatat penjualan Rp 1,145 triliun.

Sedangkan kinerja peenjualan hingga kuartal I-2016, Metland mampu meraup Rp 518 miliar. Senilai Rp 195 miliar di antaranya merupakan hasil penjualan lahan kepada Ascendas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com