Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Cat Asal Belanda ini Terapkan Strategi "Planet Possible"

Kompas.com - 18/05/2016, 08:49 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com - Sebagai satu perusahaan yang bergerak di bidang cat, AkzoNobel sangat akrab dengan segala hal berbau bahan kimia.

Oleh sebab itu, perusahaan asal negeri Kincir Angin itu mencanangkan strategi Planet Possible.

Tujuan dari strategi tersebut adalah untuk membuat AkzoNobel menjadi perusahaan yang berkelanjutan dan bermanfaat dalam kelestarian lingkungan.

"Ada tiga strategi kami dalam Planet Possible, yakni mengembangkan bisnis berkelanjutan, efisiensi sumber daya, dan melibatkan orang-orang yang memiliki visi dan misi seperti kami," jelas Managing Director AkzoNobel Marine Coatings, Oscar Wezenbeek, di Cikarang, Selasa (17/5/2016).

Untuk bisnis berkelanjutan, AkzoNobel mulai menerapkan bahan-bahan yang ramah lingkungan dalam tiap produknya.

Salah satunya dengan menyediakan zat bernama chelates yang digunakan dalam deterjen buatan AkzoNobel yang mampu mengurangi polusi pada air dari setiap hasil buangan air cucian.

Kemudian untuk efisiensi sumber daya, Oscar memberikan produk Dulux Light and Space. Produk tersebut mampu merefleksikan kembali cahaya dua kali lebih besar di dalam ruangan sehingga mengurangi biaya listrik untuk lampu.

"Ada juga Dulux Weathershield Keep Cool yang bisa mengurangi temperatur dinding eksterior hingga mencapai 5 derajat celcius sehingga mengurangi biaya penggunaan pendingin ruangan," tambahnya.

Strategi-strategi tersebut kemudian diharapkan mampu memenuhi target AkzoNobel yang dicanangkan hingga tahun 2020 mendatang.

"Kami targetkan 20 persen pendapatan kami hingga 2020 berasal dari produk yang lebih berkelanjutan bagi pelanggan kami daripada produk-produk kompetitor kami," ungkap Oscar.

Target lainnya, lanjut Oscar adalah efisiensi sumber daya dan energi sebanyak 25 sampai 30 persen pada seluruh rantai pasok pada 2020 yang diukur dengan pengurangan jejak karbon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com