Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Kenyamanan, Pemilik "Homestay" Tanjung Lesung Ikuti Pelatihan

Kompas.com - 08/05/2016, 22:09 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

PANDEGLANG, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengunjung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung, pemilik penginapan diberi pelatihan khusus.

Dengan demikian, penginapan-penginapan (homestay) di kawasan Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, tetap terjamin mutu dan kualitasnya.

"Kita juga diberi pelatihan oleh dinas pariwisata Pemerintah Kabupaten Pandeglang, soal bagaimana menyambut tamu, kebersihan kamar dan kamar mandi," ujar salah satu pemilik homestay di Jalan Raya Tanjung Lesung, Linda, kepada Kompas.com, Sabtu (7/5/2016).

Linda mengatakan, dalam pelatihan tersebut banyak penekanan terutama pada kebersihan kamar mandi. Pasalnya, kenyamanan tamu sangat bergantung pada bersih tidaknya kamar mandi.

Selain soal kondisi fisik homestay, pelatihan ini juga mencakup tentang pelajaran Bahasa Indonesia dan sekilas Bahasa Inggris.

"Pelatihan memang belum tiap bulan dan yang ikut hanya perwakilan saja. Pelatihannya pernah di kota-kota di Jawa, misalnya di Yogyakarta," sebut Linda.

Sejumlah homestay sangat mudah ditemukan di sepanjang Jalan Raya Tanjung Lesung. Harga sewa kamar berkisar Rp 200.000-Rp 500.000 per malam.

Namun, saat akhir minggu atau masa liburan, harga sewa ini melonjak hingga Rp 700.000-Rp 800.000 per malam untuk kamar dengan fasilitas pendingin ruangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com