Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Mudik Lebaran, Operasionalisasi Tol Pejagan-Pemalang Dipercepat

Kompas.com - 11/04/2016, 11:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana mempercepat operasionalisasi Jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II.

Awalnya, tol tersebut ditargetkan selesai pada Agustus 2016 namun kini penyelesaiannya dijadwalkan Mei 2016.

Tujuan percepatan ini untuk optimalisasi pelayanan ketika musim mudik Lebaran tahun ini tiba.

"Saat ini sedang dalam proses layak fungsi, mudah-mudahan Mei sudah bisa dioperasikan sambil diselesaikan rambu-rambu dan prasarana lainnya," ucap Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (11/4/2016).

Untuk tarif, Herry mengakui saat ini tengah disusun surat keputusannya di BPJT.

Jalan Tol Pejagan-Pemalang dirancang sepanjang 57,50 kilometer dan terdiri dari empat seksi yaitu Seksi I (Pejagan-Brebes Barat) sepanjang 14,20 kilometer, Seksi II (Brebes Barat-Brebes Timur) sepanjang 6 kilometer, Seksi III (Brebes Timur-Tegal Timur) sepanjang 10,40 kilometer, dan seksi IV (Tegal Timur-Tegal Barat) sepanjang 26,90 kilometer.

Sedangan ruas Tol Kanci-Pejagan yang penanganannya diambil oleh PT Waskita Karya dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk., juga tengah diperbaiki dan ditargetkan rampung pada Juni 2016.

"Ini diperbaiki semua, sekarang sudah 60 persen pengerjaannya mudah-mudahan Juni nanti sudah selesai, sudah diaspal semua. Betonnya ini sebagai batuan dasarnya, pondasinya ini sudah bagus," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Menurut Basuki, sekitar 80 persen dari total panjang 35 kilometer Tol Kanci-Pejagan mesti diperbaiki. Perbaikannya dibagi menjadi dua bagian, yakni perbaikan jalur A dari arah Kanci ke Pejagan telah dimulai sejak 4 Desember 2015 dan berakhir Juni 2016.

Sementara untuk jalur B dari Pejagan ke Kanci akan mulai diperbaiki pada 31 Maret 2017.

"Karena ini (jalur A) yang lebih parah, dulu kan kita waktu mau mudik tahun lalu ke sini dan sedang diperbaiki tapi ternyata tidak total lalu diambil alih Waskita (karya) dan Adhi (karya) lalu diperbaiki total," tambahnya.

Pengelolaan Jalan Tol Kanci-Pejagan diambil alih dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut dengan porsi kepemilikan 75:25. Perbaikan jalan tol dilaksanakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com