Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2016, 21:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak mau kalah dengan "Superman is Dead", dan "ForBali" yang gencar dan intensif menyuarakan penolakan terhadap reklamasi Teluk Benoa di Bali, "The Jakmania" secara spontan melakukan hal yang sama. 

Mereka menolak reklamasi di Teluk Jakarta dengan memasang spanduk bertuliskan "Jakarta Tolak Reklamasi". 

Spanduk penolakan tersebut mereka bentangkan saat pembukaan Trofeo Persija 2016 pada Sabtu (9/4/2016) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

Tak hanya menggelorakan penolakan di dalam stadion, suporter klub sepakbola Persija Jakarta itu pun mengunggahnya dalam bentuk video ke situs Youtube. 

Video tersebut berdurasi 42 detik, diunggah pada 9 April 2016 oleh pemilik akun Jak Kampteng yang disertai tulisan "sebuah gerakan dari teman-teman The Jakmania yang peduli terhadap Jakarta". 

Ketua Umum "The Jakmania" Richard Ahmad mengatakan, pemasangan spanduk penolakan reklamasi Teluk Jakarta merupakan spontanitas dan inisiatif para suporter.

"Saya mendukung spontanitas mereka dan menolak reklamasi di Teluk Jakarta," ujar Richard kepada Kompas.com, Minggu (10/4/2016). 

Richard memberikan alasan, reklamasi hanya merugikan warga Jakarta, khususnya para nelayan yang selama ini tinggal di pesisir dan berpenghasilan dari mencari ikan.

Hingga pukul 21.00 WIB, video ini telah disaksikan oleh 832 orang dengan mengundang 41 jempol ke atas.

Berikut videonya:


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com