Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusun Ponpes Darul Hikmah Dilengkapi Mebel

Kompas.com - 24/03/2016, 17:28 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

TULUNGAGUNG, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan groundbreaking atau pemancangan tiang pertama pembangunan Rumah Susun (Rusun) Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darul Hikmah Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (24/3/2016).

Rusun ini terdiri dari satu blok setinggi tiga lantai dengan isi enam los kamar berkapasitas 22 orang dan enam los kamar lagi berkapasitas 14 orang. Total, rusun tersebut mampu menampung sekitar 216 santri.

Pembangunan rusun dibiayai dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun Anggaran 2016 melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Timur dengan masa kerja 180 hari kalender.

Menariknya, rusun ini akan dilengkapi dengan mebel dan air, sehingga setelah selesai dibangun, dapat segera dihuni. 

Pada dasarnya pembangunan rusun bagi pondok pesantren telah dimulai pada 2014, namun pembangunan yang ada masih dirasa belum cukup signifikan.

Sebanyak 402 Pesantren dibangun dengan kompoisi 75 persen dari dana Perumahan tahun 2014. Namun pembangunan rusun dulu masih belum maksimal.

"Mulai tahun 2015 lalu, setiap rusun telah dilengkapi mebel dan air, sehingga dapat segera dihuni," jelas Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin.

Lebih lanjut Syarif mengatakan rusun tersebut dibangun untuk memenuhi harapan pemerintah agar semua rakyat bisa tinggal di rumah layak huni. Ke depannya, hunian vertikal seperti rusun akan banyak dibangun lantaran kondisi lahan yang makin terbatas.

Pekerjaan rumah pemerintah lumayan berat mengingat menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat 13,5 juta rakyat Indonesia belum memiliki rumah dengan 3,4 juta masih tinggal di rumah tidak layak huni.

Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo mengatakan, bantuan Rusun Ponpes Darul Hikmah ini merupakan yang kedua kalinya setelah Rusun Hidayatul Mutakim di Kaliwungu. Ia berharap rusun itu mampu meningkatkan kualitas belajar para santri Ponpes Darul Hikmah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com