Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Properti Jakarta Lebih Murah Ketimbang Kuala Lumpur

Kompas.com - 22/03/2016, 13:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga properti, terutama apartemen mewah di Jakarta lebih murah ketimbang di Kuala Lumpur. Dengan uang 1 juta dollar AS di tangan, Anda bisa mendapatkan apartemen dengan luas 233 meter persegi.

Sedangkan di Kuala Lumpur, Anda akan mendapatkan apartemen berdimensi 199 meter persegi dengan jumlah uang yang sama. 

Demikian Prime International Residential Index 2016 yang dilansir Knight Frank Indonesia pada Senin (21/3/2016).

"Harga properti Jakarta bersama Cape Town untuk saat ini termasuk paling murah di antara kota-kota lainnya di dunia," ujar Associate Director Consultancy and Research Knight Frank Indonesia, Hasan Pamudji kepada Kompas.com

Sementara harga properti termahal ada di kota Monaco. Di sini, dengan uang 1 juta dollar AS, Anda hanya akan mendapatkan ruang seluas 17 meter persegi. (Baca: Monaco, Kota dengan Harga Properti Termahal di Dunia)

Jika dikomparasikan dengan kota-kota dunia, ilustrasinya adalah Jakarta sebagai ruang keluarga yang luas (233 meter persegi). 

Kota lainnya seperti Mumbai adalah dapur. Karena, dengan 1 juta dollar AS, Anda akan mendapatkan ruang seluas 99 meter persegi. Dimensi yang sesuai untuk kegiatan memasak dan makan.

Sedangkan Istanbul, Miami, dan Los Angeles diibaratkan sebagai ruang makan, teras, dan kamar tidur utama. Konsumen bisa mendapatkan ruang masing-masing seluas 94 meter persegi, 77 meter persegi, dan 65 meter persegi dengan jumlah pundi yang sama.

Sementara Monaco adalah ruang berpakaian karena luasnya hanya 17 meter persegi atau paling sempit di antara ruang-ruang lainnya.

Harga properti mewah di Jakarta sendiri saat ini mencapai 4.295 dollar AS per meter persegi, atau naik hanya 5 persen dibandingkan tahun 2014. 

Pertumbuhan harga ini menempatkan Jakarta di peringkat ke-18 kota dengan properti mewah termahal dunia. (Baca: Tumbuh 5 Persen, Jakarta Peringkat ke-18 Dunia)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com