Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Mebel Buatan Indonesia, Tiga Perusahaan Asing Diganjar Penghargaan BAA

Kompas.com - 11/03/2016, 16:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga perusahaan internasional mendapat penghargaan berupa Furniture & Craft Buyers Appreciation Awards (BAA) 2016.

Mereka adalah perusahaan asing asal Jepang Yamazen Corporation, perusahaan Amerika, A-Amerika Incorporation, dan perusahaan Swedia IKEA Supply AG. 

Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (Amkri) memberikan apresiasi tersebut saat pembukaan Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2016, Jumat (11/3/2016).

"Kita bikin buyer appreciation, sebagai penghargaan bagi pembeli internasional yang selama ini memiliki konstribusi cukup besar dalam industri mebel dan kerajinan Indonesia," ujar Ketua penyelenggara BAA Hatta Sinatra, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Jumat (11/3/2016). 


Menurut Hatta, dengan memberi dorongan ini, bisa membantu Indonesia dalam meningkatkan devisa ekspor, serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

Perusahaan yang dipilih sebagai pemenang ini juga banyak memberikan pengarahan-pengarahan dalam teknik sentuhan akhir (finishing), dari segi desain dan kualitas produk.

Dengan begitu, produksi mebel Indonesia bisa tumbuh dan berkembang hingga saat ini. Penghargaan ini juga sebelumnya telah melalui seleksi yang cukup ketat.

BAA mengklasifikasi menjadi tiga benua yaitu Amerika, Eropa, dan Asia. Setelah dikerucutkan, tahun ini pemenang berasal dari Amerika, Jepang sebagai perwakilan Asia, dan Swedia sebagai perwakilan Eropa.

Harapan Hatta, dengan adanya penghargaan ini, pembeli yang telah menang dapat memborong lebih banyak lagi produk mebel dan kerajinan dari Indonesia. Selain itu, pembeli lainnya juga terdorong untuk mempererat kerjasama dengan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com