Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Kota/Kabupaten Terima Bantuan Peralatan Pengolahan Sampah

Kompas.com - 25/01/2016, 16:36 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah 12 daerah menerima bantuan peralatan di bidang persampahan dan air limbah dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ke-12 daerah tersebut adalah Kota Banda Aceh, Kota Jambi, Kota Tebing Tinggi, Kota Semarang, Kabupaten Ende, Kota Kupang, Kabupaten Kapuas, dan Kabupaten Semarang.

Selanjutnya, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kabupaten Manggarai Barat.

Pemberian bantuan peralatan di bidang persampahan dan air limbah ini sebagai upaya mengimplementasikan program 100-0-100 selama 2015-2019.

Program ini terdiri dari 100 persen akses pelayanan di bidang air minum, 0 persen kawasan kumuh dan 100 persen akses pelayananan di bidang sanitasi. 


Mengingat keterbatasan alokasi APBD pada Kabupaten/Kota, penyerahan peralatan di bidang persampahan dan air limbah ini bertujuan untuk meningkatkan akses sanitasi yang layak dan mendukung fungsi sistem pengelolaan persampahan dan air limbah.

"Penyerahan alat ini upaya mendorong pemda dalam mewujudkan akses sanitasi universal. Manfaat dari peralatan ini selain untuk peningkatan sistem pelayanan limbah, bisa digunakan masa-masa sekarang ini untuk menghadapi kemungkinan terjadiya bencana tanah longsor dan sebagainya," ujar Dirjen Cipta Karya Andreas Suhono di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Andreas menuturkan, penyerahan peralatan yang diberikan kepada Kabupaten/Kota dalam bidang persampahan di antaranya berupa ekskavator dan bulldozer untuk mendukung operasional di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA).

Selain itu, ada juga peralatan berupa truk sampah untuk proses pengangkutan sampah dari permukiman ke TPA.

Dalam bidang air limbah, Pemerintah Pusat menyerahkan truk tinja yang berfungsi dalam penyedotan dan pengangkutan lumpur tinja ke Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (lPLT) serta jetter combi untuk membersihkan jaringan perpipaan air limbah dengan sistem pengelolaan terpusat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com