Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Otomatis Khusus Pejalan Kaki dan Pesepeda

Kompas.com - 26/11/2015, 11:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Studio arsitek London, reForm Architects mengungkapkan rencananya untuk membangun jembatan terbuka khusus para pejalan kaki dan pengguna sepeda yang ingin menyeberangi Sungai Thames.

Jembatan itu akan berada di antara Canary Wharf dan Rotherhithe. Dirancang sepanjang 184 meter dan dapat terbuka secara otomatis di bagian tengah untuk memungkinkan kapal-kapal lewat di bawahnya.

Fungsi ini serupa dengan Tower Bridge di bagian hulu Sungai Thames. Jika terbangun, akan menjadi jembatan terbuka pertama khusus pejalan kaki dan pesepeda di Sungai Thames semenjak Tower Bridge dibangun tahun 1894.

ReForm Architects berencana menghubungkan jembatan itu dari distrik bisnis Canary Wharf di utara dengan area residensial Rotherhithe di sisi lain sungai.

"Orang-orang yang bekerja di Canary Wharf dan menggunakan sepeda atau berjalan kaki dari selatan tidak lagi harus memutar jauh melalui Tower Briddge dan Greenwich Tunnel atau melewati tempat yang tidak diinginkan yang ada di Rotherhithe Tunnel," jelas perwakilan ReForm Architects.

Lebar jembatan sekitar 5 meter di kedua sisi untuk mereka yang bepergian menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

ReForm juga menyediakan ruang tunggu di kedua sisinya yang bisa digunakan ketika jembatan terbuka.

Pusat jembatan yang bisa terbuka didukung oleh kabel suspensi yang dihubungkan pada elemen tegak bersiku.

Bagian-bagian dek jembatan akan berporos pada dukungan struktural di dalam air, sehingga ayunan tegak jembatan akan mengisi kekosongan antar-trek di jembatan.

"Setiap jembatan baru yang melintas di Sungai Thames harus merespon pada signifikansi pengaturannya dan memiliki nilai tambah pada cagar budaya kota," kata Pendiri reForm, Nik Randall.

Nik menjelaskan desain jembatan reForm akan memenuhi syarat-syarat tersebut. Hal itu akan memberikan keunikan dan bentuk elegan jembatan yang bisa menjadi pusat perhatian bagi para penggunanya.

Jembatan itu dirancang melalui serangkaian studi kelayakan dengan konsultasi ke berbagai pihak, seperti Transportasi London, London Underground, Otoritas Pelabuhan London, dan Canal & River Trust.

Konstruksi jembatan diperkirakan akan menelan dana sebesar 88 juta poundsterling atau setara dengan Rp 1,83 triliun dan membutuhkan waktu 4-5 tahun untuk menyelesaikannya.

Dukungan finansial dan kebijakan lainnya dibutuhkan sebelum mengembangkan proyek pembangunan jembatan ke arah lebih jauh lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com