Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Berfondasi, Rumah Ini Melayang karena Ilusi...

Kompas.com - 03/10/2014, 15:11 WIB
Latief

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Bangunan pasar yang lebih tepat disebut galeri seni tersebut tampak mengambang tak berfondasi. Bagian atasnya melayang di udara, tinggi di atas orang yang lewat.

Ini adalah ilusi optik paling menakjubkan untuk membuat bangunan di salah satu distrik wisata tersibuk di London itu melayang-layang di udara. Bagi orang yang lewat di depannya, gedung itu tampak seolah-olah bagian dari bangunan pasar bersejarah di Covent Garden yang telah rusak dan tak lagi berfondasi. Bangunan itu mengambang tanpa bantuan, tinggi di atas mereka.

Namun, pada kenyataannya, tampilannya yang rumit dan "menipu mata" ini dikerjakan dalam waktu berbulan-bulan lamanya. Instalasi yang diberi nama 'Take my Lightning, but Don't Steal my Thunder' itu dirancang oleh seniman Alex Chinneck, yang terkenal karena telah menciptakan berbagai karya ilusi optik.

www.dailymail.co.uk Bagi orang yang lewat di depannya, gedung itu tampak seolah-olah bagian dari bangunan pasar bersejarah di Covent Garden yang telah rusak dan tak lagi berfondasi. Bangunan itu mengambang tanpa bantuan, tinggi di atas mereka.
Bangunan itu terlihat seperti bangunan pasar 184 tahun silam yang telah rusak dan melayang di udara lantaran sebagian dinding dan tiang fondasinya patah. Itu diawali oleh kreativitas Alex dengan membuat patung sepanjang 12 meter terbuat dari kerangka baja dan material sejenis polystyrene. Alex membutuhkan waktu hingga 500 jam untuk melukis menggunakan teknik digital khusus. 

Struktur bangunan itu sendiri telah dibuat sejak akhir pekan lalu menggunakan crane, sejumlah truk, dan pemetik buah ceri. Alex memainkan "ilusi mengambang" dengan menggunakan penyeimbang berat yang cukup kuat untuk mendukung bagian atas struktur bangunan sehingga tampak seperti menggantung.

www.dailymail.co.uk Alex memainkan
Untuk menghasilkan trik itu, Alex memakai sebuah tiang baja yang tersembunyi di dalam kios hingga ke sisi bangunan. Tiang baja itu dibuat melekat pada platform baja dan kantilever sepanjang 12 meter.

Adapun ilusi optik 'Take my Lightning, but Don't Steal my Thunder' akan dipamerkan di Covent Garden Piazza Timur, London, hingga 24 Oktober mendatang. Memang, meskipun proyek tersebut merupakan karya paling ambisius saat ini, itu bukan karya pertama dari "tipu muslihat" Alex.

Sebelumnya, Alex pernah menggunakan teknik yang sama untuk membuat ilusi rumah terbalik di Southwark, London. Anda bisa menyimaknya di Aneh... Gedung Ini Terbalik!

www.dailymail.co.uk Bangunan itu terlihat seperti bangunan pasar 184 tahun silam yang telah rusak dan melayang di udara lantaran sebagian dinding dan tiang fondasinya patah.
"Anda tak bisa membedakan antara palsu dan hal yang nyata, menyentuhnya, melihatnya. Tapi, itu memang benda yang melayang. Ini sangat rumit," kata Alex kepada Telegraph.

"Mungkin, selama banyak orang menikmatinya, itulah tujuan saya," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com