Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Tokoh Pelopori "Hari Bangunan Indonesia"

Kompas.com - 16/09/2014, 20:11 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tujuh tokoh konstruksi dan properti Nasional memelopori kelahiran "Hari Bangunan Indonesia" (HBI) yang rencananya akan dideklarasikan pada tanggal 11 November 2014 mendatang.

Ketujuh tokoh tersebut adalah Dradjat Hoedajanto (Ketua Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia), Eddy Hussy (Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia), Han Awal (budayawan), Munichy B Edrees (Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia), Siti Adiningsih Adiwoso (Ketua Green Building Council Indonesia), Wilfred A Sangkali (Ketua Asosiasi Precast Indonesia), dan Wiratman Wangsadinata (pakar konstruksi).

"Hari Bangunan Indonesia" merupakan gagasan besar yang difasilitasi PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dalam mengajak seluruh pelaku konstruksi meliputi kontraktor, pengembang, industri bahan bangunan, arsitek, akademisi dan unsur masyarakat lainnya untuk menjaga komitmen terhadap standard bangunan berkualitas, memiliki durabilitas tinggi, ramah lingkungan serta mencerminkan budaya Indonesia.

Ketua Panitia Pelaksana Pencanangan "Hari Bangunan Indonesia", Troy D Soputro, menjelaskan, selain mengajak pelaku industri konstruksi, inisiasi ini juga bertujuan untuk mendorong pengembangan-pengembangan dan inovasi baru di bidang desain, material, metode maupun teknologi yang dapat menghasilkan bangunan berkualitas.

"Indonesia ini negara rawan bencana yang sangat membutuhkan standard bangunan yang cocok dengan kondisi tersebut, dan tentu saja berkualitas. Kami berharap, HBI ini dapat melahirkan kesadaran di antara para pelaku industri konstruksi untuk lebih meningkatkan kualitas bangunan, dengan standard tinggi. Kami ingin menghilangkan kebiasaan buruk membangun dengan kualitas apa adanya," papar Troy kepada Kompas.com, sesaat sebelum penjurian Indocement Awards 2014 digelar Selasa (16/9/2014).

Menurut Troy, kegiatan-kegiatan yang bersifat edukasi, pengembangan teknologi bangunan, dan merawat bangunan akan mewarnai momentum "Hari Bangunan Indonesia". Kegiatan-kegiatan tersebut seperti edukasi tukang bangunan, kampanye bangunan berkualitas, seminar teknologi konstruksi, bersih-bersih bangunan bersejarah dan infrastruktur kota, diharapkan dapat dilakukan secara bersama setiap memperingati HBI.

"Kita melibatkan partisipasi aktif masyarakat dan pelaku industri konstruksi untuk berkegiatan dan berkontribusi secara nyata untuk kemajuan Indonesia," tandas Troy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com