Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Rumah di London 18 Kali Gaji Tahunan Karyawan Inggris

Kompas.com - 08/09/2014, 17:22 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber ibtimes
KOMPAS.com - Akselerasi pertumbuhan harga rumah di London, selama dua tahun terakhir, telah membuat nilai rumah lebih tinggi 18 kali ketimbang penghasilan pekerja penuh waktu di Inggris dalam setahun.

Kantor Statistik Nasional Inggris mengungkapkan, harga rerata rumah di London akan mencapai  499.000 poundsterling atau setara Rp 9,5 miliar per unit. Sementara rerata gaji tahunan pekerja penuh waktu negeri monarki tersebut sekitar 27.000 poundsterling (Rp 516 juta).

Selain itu, lonjakan harga tersebut juga mendongkrak nilai rumah sekitar 35 persen dari total nilai properti residensial Inggris secara kolektif pada 2014 ini.

Menurut agen properti Stirling Ackyord, properti hunian di ibu kota tersebut saat ini bernilai total lebih dari 2,5 triliun dollar AS. Nilai ini akan terus melonjak menjadi 3 triliun dollar AS pada 2017 mendatang.

"London merupakan aset yang berkembang untuk Inggris, dalam banyak cara. Dari kota yang terpuruk pada tiga puluh tahun lalu, menjadi jantung keuangan, budaya, dan teknologi dunia. Ini merupakan sebuah kisah sukses. London sangat berharga, memberikan kesempatan untuk pengembang," kata Managing Director Stirling AckroydAndrew Bridges.

Bridges mengharapkan gelombang pertumbuhan rumah baru dalam tahun-tahun mendatang dan di bawah kondisi yang tepat, pembangunan dapat membantu mengurangi pasokan. Kemajuan ini akan menambah nilai London dan pada gilirannya mendominasi pasar properti Inggris.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ibtimes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com