Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Harga Rumah di Belanda Naik Juga!

Kompas.com - 07/09/2014, 12:53 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Setelah selama lima tahun terpuruk akibat krisis finansial global, Belanda mampu bangkit. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan harga rumah di hampir seluruh kota selama enam bulan pertama 2014.

Harga rumah di negeri kincir angin tersebut meningkat sebesar 1,9 persen secara tahunan. Kenaikan ini terjadi dalam empat bulan berturut-turut dari kenaikan harga tahunan secara nominal.

Menurut Badan Pusat Statistik Belanda (CBS),hampir semua kota menunjukkan pertumbuhan harga rumah dalam kuartal kedua 2014. Di Amsterdam, contohnya. Harga rumah naik 3,5%, lebih dari kenaikan tahunan 2,6% selama kuartal pertama, dan peningkatan yang cukup dari 5,5% pada periode yang sama 2013.

Sementa di Rotterdam, harga rumah meningkat sebesar 4,1%. Ini adalah kenaikan harga pertama setelah 9 kuartal berturut-turut mengalami penurunan harga, termasuk penurunan tahunan pada kuartal I sebesar 0,2%.

Di Zuid-Holland, harga rumah naik 1,7% selama semester I dan merupkan kenaikan harga pertama setelah 20 kuartal berturut-turut penurunan harga. Termasuk 1,2% penurunan tahunanpada kuartal pertama 2014 ini.

Hal yang sama terjadi di Noord-Brabant. Harga rumah naik 0,5%, naik dari kuartal sebelumnya. Meskipun pertumbuhan sedikit, merupakan kemajuan dari penurunan harga thunan selama 2 1kuartal sebelumnya.

Menurut Asosiasi Agen Real Estate Belanda (NVM), tren peningkatan harga rumah rerata 3,5% selama sepanjang enam bulan ini dengan posisi harga rerata Rp 3,3 miliar. Dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, harga rata-rata rumah ini naik 1,7%.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com