Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiongkok Kembangkan Apartemen Berfitur Kolam "Atap Langit"

Kompas.com - 21/05/2014, 11:26 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Tak ada yang tak mungkin terjadi dan dilakukan di negeri Tiongkok. Setelah heboh dengan konstruksi hotel hanya dalam waktu 15 hari, kini tengah dikembangkan kondominium dengan fitur kebun dan kolam renang "atap langit".

Konstruksi kondominium mewah Hanhai seluas 353.767 meter persegi tersebut baru saja dimulai. Proyek ini dirancang amphibianArc dan bertujuan memanjakan penghuninya dengan mengalokasikan masing-masing unit kolam renang, teras dan kebun pribadi.

Sembilan menara Hanhai didesain sebagai gedung tinggi, dan tiga bangunan lainnya lebih rendah, termasuk club house, area publik, fasilitas ritel, dan taman kanank-kanak sembilan kelas.

amphibianArc menciptakan sebuah gaya desain tunggal untuk mengakomodasi sebelas struktur. Desain tunggal ini sekaligus menyatukan pengembangan menjadi satu gerakan arsitektur. Konsultan arsitektur yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat, merancang Hanhai dengan mengambil inspirasi dari konsep awan, baik sekelompok awan digital (digital cloud) maupun fenomena atmosfer.

"Selama tahap pra-perencanaan, kami berkomitmen untuk menciptakan komunitas 'awan' yang dikombinasikan dengan teknologi canggih untuk mendefinisikan kembali gaya hidup di era internet," ujar para arsitek.

Selain itu, tim arsitek juga memperluas konsep awan dengan desain arsitektur. Desain façade bangunan menggunakan area besar berlapis kaca gelap yang berdiri kontras dengan teras dan balkon putih ramping. Ini sekaligus merepresentasikan semangat dinamis secara visual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com