Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Amal, Arsitek Beken Rambah Dunia "Fashion"

Kompas.com - 12/05/2014, 07:00 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com -- Rumah mode Fendi bekerja sama dengan perempuan-perempuan Inggris yang mumpuni di bidangnya masing-masing untuk mendesain ulang tas ikonik bernama Peekaboo keluaran rumah mode tersebut.

Tas-tas ini akan dilelang sampai 30 Mei 2014 dan hasilnya disumbangkan ke Kids Company, organisasi yang mendukung pendidikan praktis dan emosional anak-anak di London dan Bristol. Salah satu tokoh kuat yang turut serta dalam proyek ini adalah arsitek Zaha Hadid. Hadid mempersembahkan tas yang kental dengan bentuk geometris.

Situs resmi Fendi menyatakan, tas buatan Hadid "sangat geometrik dan orisinil". Sekilas, tas tersebut sangat sederhana. Tas tangan kulit ini berukuran tidak terlalu besar dan berwarna hitam pekat. Hal yang menarik dari tas ini adalah penampang bertumpuk-tumpuk. Rumah mode Fendi juga menyebutkan bahwa lapisan bertumpuk-tumpuk tersebut membuat tas buatan Hadid tampak seperti "halaman buku".

Ini bukan kali pertama sang arsitek membuat desain di dunia "fashion". Beberapa waktu sebelumnya, sang arsitek juga pernah mendesain perhiasan. Lagi-lagi, Hadid memasukkan unsur geometris ke dalam desainnya.

Selain Hadid, proyek yang diprakarsai oleh rumah mode Fendi ini juga diikuti oleh nama-nama besar lain, seperti Tracey Emin, aktris Gwyneth Paltrow, Naomie Harris, model Cara Delevingne, Jerry Hall, Georgia-May Jagger, ilustrator "fashion" Tanya Ling, penyanyi Adele, dan jurnalis Kate Adie. Semua pesohor ini bekerja bersama tenaga dalam studio desain Fendi untuk membuat tas yang sesuai dengan karakter masing-masing.

"Tumbuh di dalam keluarga dengan banyak perempuan-perempuan kuat dan terdepan, saya bersemangat bahwa perempuan-perempuan ikonik ini, para peminpin di bidangnya masing-masing, telah terlibat dalam proyek ini," ujar Head of Accessories Fendi, Silvia Venturini Fendi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com