Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Menggabungkan Fungsi dan Estetika di Meja Makan

Kompas.com - 08/05/2014, 19:12 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Desainer asal Brussel, Belgia, Alain Gilles, membuat meja makan yang besar penampangnya bisa diatur sesuai kebutuhan. Meja buatan Gilles tampak cantik dengan penampang kaca yang membuat pengguna meja bisa memperhatikan secara detil seluruh bagian meja. Uniknya, sang desainer malah tak suka meja jenis ini.

"Dari sudut pandang desain, saya tidak suka meja yang bisa diperbesar," ujar Gilles.

Menurut dia, meja jenis ini memang berguna, tapi bagian tambahan atau ekstensi meja biasanya hanya ditambahkan. Beberapa desain meja serupa bahkan menyembunyikan bagian tambahan aagr tak terlihat sama sekali.

Alih-alih menggunakan teknik yang biasa dilakukan dalam pembuatan meja dengan jenis serupa, Gilles justeru mengambil langkah radikal. Sang desainer membiarkan pengguna meja ini melihat mekanisme meja. Bahkan, Gilles juga menjadikan mekanisme meja menjadi salah satu daya tarik utama.

Gilles menggunakan kayu ek berwarna terang sebagai penopang meja. Kayu ini seolah mencengkeram jalur baja berlapis warna merah menyala, biru, atau paduan garis-garis merah dan putih. Jalur ini berfungsi sebagai penopang. Di atas penopang, sang desainer menggunakan kaca tembus pandang sebagai penampang meja.

Namun, Gilles tak ingin membuat hasil karyanya menjadi produk teknis. Karena itulah, dia menggunakan warna-warni yang melapisi jalur baja di bawah permukaan kaca sehingga membuat karyanya lebih grafis dan tampak seperti mainan anak.

"Saya tahu saya harus menunjukkan mekanisme dan mengubahnya menjadi bagian hidup dari meja, yang akan menunjukkan kemungkinan transformasi," imbuhnya.

Anda mau coba? Baca: 8 Trik Dekor Agar Mood Kerja & Belajar Tak Kendor!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com