Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Domestik Tinggi, Sogo Buka di Samarinda

Kompas.com - 20/05/2014, 15:47 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Sogo Group, melalui PT Panen Lestari Internusa, berencana membuka gerai terbaru mereka di Samarinda, Kalimantan Timur, tahun 2014 ini.

Menurut Direktur Sogo Group, Handaka Santosa, ekspansi di kota tersebut merupakan gerai mereka ke-14. Sejauh ini, Sogo telah memiliki dan mengoperasikan 13 portofolio Sogo Department Store.

Ketiga belas toko tersebut terdistribusi di Jakarta sebanyak enam gerai (Mal Kelapa Gading, Plaza Senayan, Pondok Indah Mall, Emporium Pluit, Central Park, dan Kota Kasablanka), Tangerang (Mal Alam Sutera), Bandung (Mal Parijs Van Java), Medan (Sun Plaza), Surabaya (Tunjungan Plaza dan Galaxy Mall),  dan Bali (Discovery Mall dan Bali Collection).

"Sogo Department Store terbaru akan dibuka di Big Mall Samarinda tahun 2014. Insya Allah, mengacu pada progres pembangunan mal ini, kami pastikan sesuai target pembukaan," ujar Handaka kepada Kompas.com, Selasa (20/5/2015).

Menurut Handaka, bisnis sektor ritel di Samarinda khususnya dan Indonesia umumnya, didorong oleh tingginya pertumbuhan konsumsi domestik. Kehadiran Sogo di Samarinda, menggenapi gerai lainnya diharapkan dapat mengurangi minat dan jumlah pembelanja ke luar negeri.

"Indonesia saat ini bertransformasi sebagai destinasi wisata belanja. Karena itulah Sogo melakukan ekspansi. Pemerintah harus mendukung dan concern mengenai hal ini, karena kompetisi kian ketat. Terlebih sejumlah penerbangan murah telah membuka rute langsung hingga ke kota lapis kedua untuk memobilisasi pembelanja Indonesia ke Singapura atau Malaysia.

Big Mall sendiri yang dikembangkan PT Borneo Inti Graha, merupakan pusat belanja di dalam pengembangan properti multifungsi Samarinda Global City. Big Mall memiliki luas bangunan (gross floor area) 200.000 meter persegi dan merupakan pusat belanja terbesar di Kalimantan, sekaligus untuk Kawasan Indonesia Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com