Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Rugi Ratusan Triliun Rupiah akibat Praktik Korupsi

Kompas.com - 13/02/2014, 13:40 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com — Inilah kalau praktik korupsi mendapat tempat luas dan mengurat akar dalam kehidupan sehari-hari. Khusus di dunia konstruksi, Arab Saudi harus menanggung kerugian senilai 27 miliar dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 321,8 triliun. 

Kerugian tersebut disebabkan oleh praktik curang yang sengaja dilakukan oleh pejabat pemerintah korup dengan mengulur-ulur pekerjaan konstruksi.

Setiap tahun, Pemerintah Arab Saudi mengalokasikan dana besar untuk merealisasikan proyek-proyek di berbagai sektor termasuk pendidikan, kesehatan, listrik, air, dan transportasi. Parahnya, dari sejumlah proyek besar tersebut, hanya 25 persen yang terbangun sesuai jadwal.

Seperti halnya di Indonesia, studi yang dihasilkan Institute of Public Administration menunjukkan beberapa pejabat dan kontraktor telah menghasilkan "uang haram" dengan melancarkan gangguan proyek terorganisasi, tetapi sulit dideteksi.

Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa sekitar 48 persen dari karyawan yang bekerja pada proyek-proyek pemerintah mengatakan kendala realisasi proyek akibat banyaknya "gangguan" tadi. Sebaliknya, sekitar 97 persen proyek terbengkalai karena tidak tersedia pengawas proyek yang memadai.

Institute of Public Administration menyerukan kepada Pemerintah Arab Saudi untuk melakukan intervensi sesegera mungkin, mencegah gangguan proyek. Kalau tidak segera diatasi, dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi nasional akan sangat signifikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com