Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusat Ekonomi Depok Ada di 6 Kawasan Ini!

Kompas.com - 13/10/2013, 12:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Selama ini, publik mengenal pusat bisnis dan ekonomi Kota Depok hanya terkonsentrasi di koridor Margonda. Betapa tidak. Di sini telah banyak berdiri fasilitas-fasilitas komersial yang menjadi magnet kuat dan tempat berkumpulnya masyarakat dari seluruh penjuru Kota Depok untuk melakukan transaksi ekonomi.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Depok telah menyiapkan rencana strategis agar magnet pertumbuhan tersebar merata ke seluruh wilayah Kota. Wali Kota Depok, Nurmahmudi Ismail, mengatakan ada 6 kawasan yang dirancang sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru. Enam kawasan tersebut adalah Cinere, Bojongsari, Cimanggis, Cibubur, Tapos, dan Citayam.

Nurmahmudi memastikan, keenam kawasan itu dijadikan sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi baru karena memiliki potensi dan keunggulan komparatif. Terlebih lagi, beberapa di antara enam kawasan tersebut dilintasi oleh infrastruktur yang kini tengah dibangun.

Sebut saja, Cinere misalnya. Kawasan ini berada di tiga persimpangan tol yakni Tol Cinere-Jagorawi (Cijago), Tol Depok Antasari (Desari), dan Tol Cinere-Serpong.

"Keberadaan tol tersebut dapat menarik minat investor dan Cinere akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru. Kami merancangnya sebagai kawasan permukiman berkonsep vertikal. Nantinya, di sini banyak pengembangan-pengembangan properti baru," papar Nurmahmudi kepada Kompas.com, Kamis (10/10/2013).

Sementara Bojongsari, akan dijadikan sebagai sentra agroindustri. Banyak usaha kecil menengah (UKM) yang sudah menghasilkan produk olahan buah dan sayuran.

Lain lagi dengan Cibubur yang sudah pasti didapuk sebagai destinasi wisata karena di sini terdapat Taman Rekreasi Wiladatika. Jadi industri yang akan dikembangkan di sini berbasis pada pariwisata alam atau ecotourism. Sementara itu, kawasan Cimanggis lebih pada pusat ekonomi berbasis industri kreatif.

"Kami mengembangkannya dengan bertopang pada keunggulan sumber daya manusia yang banyak menghasilkan ide, gagasan, dan karya kreatif. Maka, kami membuka peluang luas bagi investor yang ingin membangun idnustri kreatif di wilayah Cimanggis. Sejauh ini, kami sudah menerima komitmen investasi dari Grup Mahaka yang akan mengembangkan studio alam," tandas Nurmahmudi.

Dengan dibukanya keenam pusat pertumbuhan ekonomi baru tersebut, Nurmahmudi berharap, pembangunan tersebar merata, Pendapatan Asli Daerah Kota Depok meningkat, dan pada gilirannya masyarakat menikmati pembangunan dalam level hidup yang sejahtera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com