Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pikko Siapkan 3 Proyek Baru

Kompas.com - 27/07/2013, 12:22 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -
PT Pikko Land Development Tbk, bersiap merealisasikan tiga proyek baru. Dua di antaranya dikembangkan tahun ini.

Ketiga proyek tersebut adalah Menteng 37 di Jakarta Pusat, apartemen di Bekasi Barat, dan Grand Kemayoran di Jakarta Pusat. Selain itu, mereka juga tengah mematangkan lahan di kawasan Sudirman yang akan dijadikan perkantoran dan apartemen.

Menteng 37 merupakan apartemen mewah dengan jumlah terbatas. Harga penawaran perdana di atas Rp 30 juta per meter persegi. Sedangkan apartemen di Bekasi Barat berklasifikasi menengah dengan harga penawaran dimulai dari Rp 14 juta per meter persegi.

Presiden Direktur Pikko Land Development, Nio Yantony mengatakan kebutuhan dana untuk membangun dua proyek pertama sebesar Rp 1 triliun.

"Kami upayakan sumber pendanaan dari kas internal perusahaan. Pinjaman perbankan akan dilakukan bila mendesak diperlukan. Tahun ini kami memiliki belanja modal kumulatif sebesar Rp 1 triliun-Rp 1,5 triliun. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari belanja modal yang belum terserap tahun lalu," ungkap Yantony kepada Kompas.com, di Jakarta, Jumat (26/7/2013).

Sedangkan Grand Kemayoran merupakan nama sementara untuk proyek di Kemayoran, Jakarta Pusat. Ini merupakan superblok yang membutuhkan investasi besar dan pengembangan jangka panjang. Di dalamnya terdapat beberapa blok peruntukan residensial vertikal, blok perkantoran dan blok pusat belanja serta blok hotel dengan klasifikasi bintang 4 dan lima. Lahan Grand Kemayoran seluas 26 hektar. Pikko menggandeng beberapa land owner untuk mendapatkan lahan seluas itu.

"Kami mengharapkan kedua proyek tersebut dapat menambah keuntungan perusahaan sekitar 30 hingga 40 persen. Hingga Juni 2013, kami sudah mencetak keuntungan sebesar Rp 143 miliar," buka Yantony.

Pikko Land Development merupakan emiten properti yang sebelumnya dikenal dengan Royal Oak Development Asia (RODA). Kapitalisasi pasarnya hingga Juni 2013 mencapai Rp 5,7 triliun. Mereka telah mengembangkan sejumlah properti besar, baik secara sendiri maupun kolaborasi. Proyek-proyek tersebut antara lain Hamptons Park, Mapple Park, Botanica, Signature Park Grande, Senayan Town Square, Thamrin Office Tower, Sudirman Park, Sahid Sudirman Residence, Thamrin City, The Kuningan Place, Pluit Village, Plaza Medan Fair, Sun Plza, dan Tamini Square.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com