Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibandingkan Tanah, Ini Alasan Anda Harus Menanam Lidah Mertua di Media Air

Kompas.com - 04/10/2023, 09:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman lidah mertua merupakan salah satu jenis tanaman yang mampu tumbuh subur di berbagai media tanam, termasuk air.

Jika selama ini, Anda memanfaatkan tanah, sudah saatnya mempertimbangkan untuk menanam tanaman lidah mertua di dalam vas yang berisi air.

Selain terlihat lebih estetik, ada beberapa alasan mengapa air menjadi media pertumbuhan yang lebih ideal bagi lidah mertua dibandingkan tanah.

Baca juga: Agar Lidah Mertua Tumbuh Subur di Media Air, Perhatikan 4 Hal Ini

Pertama, adalah soal kemudahan pemeliharaan. Ketika menanam lidah mertua di media air, Anda dapat mengukur kesehatan tanaman dengan lebih baik karena dapat melihat langsung akar dan daunnya.

Tanah juga mempunyai permasalahan tersendiri yang dapat mempengaruhi kesehatan tanaman lidah mertua.

Agar tanaman lidah mertua tumbuh subur di media tanah, Anda tetap harus memperhatikan sejumlah variabel, mulai dari drainase hingga frekuensi penyiraman.

 

Anda mungkin akan menghadap masala tanah yang memutih meskipun tanaman berada di dalam ruangan. Hal ini disebabkan karena frekuensi penyiraman yang terlalu sering atau menyiram menggunakan air keran yang sadah.

Selain itu, tanah dalam pot memiliki jumlah unsur hara yang terbatas, sehingga selain mengikuti rutinitas penyiraman yang ketat, Anda juga harus menambahkan pupuk.

Selain memakan waktu lama, tanah juga berisiko menimbulkan penyakit, jamur, dan tentu saja busuk akar.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh sulitnya mencapai keseimbangan antara penyiraman yang cukup dan penyiraman yang berlebihan serta lingkungan yang diciptakannya di dalam tanah itu sendiri.

Baca juga: 4 Tanda Tanaman Lidah Mertua Sedang Sakit”

Ketika menanam lidah mertua di air, Anda tidak perlu khawatir daun akan mengering karena tanaman hidup di area yang lembab.

Saat berada di dalam air, akar memperoleh banyak air, dan daun mendapat paparan kelembaban yang cukup karena penguapan.

Namun demikian, Anda tetap perlu memperhatikan jumlah paparan sinar matahari, ketinggian air, dan jenis wadah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com