Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Memperbanyak Tanaman Lidah Mertua dengan Stek Daun

Kompas.com - 28/09/2023, 12:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias yang bisa membuat hunian Anda lebih asri dan indah.

Bagi Anda yang saat ini hanya memiliki 1 pot lidah mertua dan ingin menambah koleksi tanaman yang sama, tak perlu repot untuk membeli baru.

Tanaman lidah mertua termasuk kelompok tanaman hias yang paling mudah ditanam dari stek. Ada dua cara utama untuk memperbanyak tanaman ini, yakni dengan bantuan media air dan media tanah.

Untuk memulai perbanyakan tanaman, ambil gunting kebun dan sterilkan dengan alkohol. Anda kemudian harus memotong daun serendah mungkin dan biarkan bekas potongan mengering selama beberapa hari.

Baca juga: 4 Tanda Tanaman Lidah Mertua Sedang Sakit”

Jika ingin menggunakan media air, masukkan potongan daun ke dalam air dan letakkan dekat dengan jendela yang paling terang (atau di bawah lampu tumbuh).

Ganti air minimal seminggu sekali, atau lebih sering jika cepat kotor. Hal ini akan memberikan air segar dan bersih dengan oksigen dan menghilangkan bakteri anaerob dari air lama.

Jika dari potongan daun tersebut sudah tumbuh akar dengan panjang kurang lebih 5 cm, Anda bisa menanamnya di tanah.

Alternatif lainnya adalah menggunakan media tanah. Untuk memulai metode ini, isi tanah ke dalam pot yang memiliki drainase bagus.

Masukkan potongan daun ke dalam pot dan letakkan di jendela yang terang atau di bawah lampu yang tumbuh.

Baca juga: Tak Hanya Bawa Hoki, Ini Alasan Memiliki Lidah Mertua di Kantor

Jika tanah mengering, Anda harus menyiraminya. Setelah sekitar dua bulan, Anda akan melihat tunas baru yang muncul dari potongan daun tersebut.

Daripada memperbanyak satu daun, Anda juga dapat memotong satu daun menjadi beberapa stek dan menghasilkan beberapa tanaman dari satu daun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com