Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daun Lidah Mertua Melengkung? Mungkin Ini Penyebabnya

Kompas.com - 21/09/2023, 16:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun tanaman lidah mertua atau snake plant merupakan tanaman hias yang relatif mudah dirawat, namun tanaman ini tidak selamanya kebal terhadap masalah-masalah krusial.

Salah satu masalah yang paling sering dijumpai pada lidah mertua adalah bagian daun yang menggulung ke dalam atau tergantung ke arah luar.

Ada beberapa faktor yang membuat struktur daun lidah mertua di rumah Anda berubah. Berikut faktor penyebabnya seperti dikutip dari laman House Digest.

Baca juga: Lakukan Ini Agar Tanaman Lidah Mertua di Halam Tak Menjadi Hama

1. Penyiraman yang tidak tepat

Lidah mertua merupakan tanaman hias yang populer karena mampu tumbuh subur dengan sedikit air, sehingga cocok untuk dimiliki oleh Anda yang super sibuk.

Karena itu, penyiraman yang berlebihan menjadi alasan umum dari berubahnya struktur daun.
Tanaman ini hanya perlu disiram ketika bagian atas tanah sudah benar-benar kering.

Membiarkan tanah benar-benar kering sebelum disiram akan mencegah terlalu banyak air terakumulasi di pangkal tanaman, yang bisa menyebabkan masalah busuk akar.

Selain daun yang mulai menggulung, tanaman lidah mertua yang disiram secara berlebihan juga memiliki permukaan daun yang licin dan mulai menguning.

Baca juga: Bawa Hoki, Ini Posisi Terbaik untuk Menempatkan Tanaman Lidah Mertua

2. Jumlah cahaya matahari yang tidak tepat

Meskipun bisa tumbuh subur tanpa paparan cahaya matahari langsung, namun seperti tanaman mana pun, mereka tetap butuh pencahayaan.

Jika daun lidah mertua mulai melengkung, kemungkinan sinar matahari yang diterimanya terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Tanaman lidah mertua yang menerima terlalu sedikit cahaya cenderung melengkung ke atas. Ini menandakan bahwa mereka mencari lebih banyak sinar matahari.

Di sisi lain, jika tanaman ini menerima terlalu banyak sinar matahari, kecepatan terjadinya fotosintesis dan transpirasi meningkat. Hal ini dapat menyebabkan daun menggulung, sekaligus membuatnya tampak terkulai.'

 

3. Masalah tanah

Jika tanaman lidah mertua yang Anda miliki sudah menerima sinar matahari dan air dalam jumlah yang tepat, namun daunnya masih melengkung, mungkin ada masalah dengan tanah tempatnya tumbuh. 

Meskipun bisa hidup dalam kondisi yang minim nutrisi, namun tanah yang sudah terlalu lama tidak diganti bisa menyebabkan masalah.

Saat akar lidah mertua tumbuh subur dan memenuhi pot, seiring berjalannya waktu, nitrogen bisa terkuras habis.

Solusinya menggantinya tanah baru atau gunakan pupuk kaya nitrogen untuk memperpanjang umur tanah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com