Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupa Bersihkan Penyaring Udara Anda di Rumah, Ini Caranya

Kompas.com - 13/08/2023, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Jakarta menjadi kota paling berpolusi di dunia, Minggu (13/8/2023) pagi, menurut data dari laman IQAir.

Indeks kualitas udara kota Jakarta pagi ini menembus angka 172, dengan polutan utama PM 2,5 serta nilai konsentrasi 96,8 mikrogram per meter kubik.

Lantas, masyarakat disarankan untuk mengambil beberapa langkah guna meminimalisir dampak dari polusi udara Kota Jakarta, salah satunya dengan menyalakan penyaring udara atau air purifier/air filter di rumah.

Karena fungsinya yang cukup penting, penyaring udara perlu dibersihkan secara rutin agar kinerjanya optimal.

Dilansir dari The Spruce, begini cara membersihkan penyaring udara di rumah:

Buka penutup filter

Banyak penutup filter memiliki kait yang dapat dibuka untuk diakses. Namun, beberapa terpasang dengan sekrup yang harus Anda lepas dengan obeng.

Pastikan untuk meletakkan sekrup di tempat yang aman. Jika memungkinkan, bawa filter ke luar rumah untuk memulai proses pembersihan.

Ketuk filter dengan ringan untuk menghilangkan debu yang lepas. Gunakan sikat untuk membersihkan kedua sisi filter secara menyeluruh.

Baca juga: Suhu Udara Kian Panas, Yuk Tingkatkan Kinerja AC dengan 5 Cara Ini

Bersihkan debu

Selanjutnya, bersihkan filter menggunakan air hangat dan alat semprot untuk menghilangkan partikel debu yang lebih kecil.

Jika rangka filter terlihat kotor atau terasa lengket, campurkan larutan air hangat dan beberapa tetes cairan pencuci piring.

Celupkan spons atau sikat berbulu halus ke dalam larutan dan bersihkan filter. Bilas dengan baik untuk menghilangkan sisa sabun.

Keringkan filter

Kemudian, keringkan filter menggunakan kain lembut sebelum dipasang kembali ke alat penyaring udara.

Jika memungkinkan, letakkan filter di luar atau di depan kipas angin untuk memastikannya benar-benar kering sebelum dipasang kembali.

Sementara Anda menunggu filter kering, bersihkan alat atau lubang ventilasi tempat Anda melepas filter udara untuk menghilangkan debu atau sarang laba-laba.

Lalu, pasang kembali filter udara yang baru dibersihkan. Pastikan untuk mengunci bukaan dengan aman dan penyaring udara bisa kembali digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com