Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AC di Rumah Tak Keluarkan Udara Dingin? Ini 3 Alasannya

Kompas.com - 15/06/2023, 14:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Fungsi utama dari pendingin udara atau air conditioner (AC) adalah menghasilkan udara yang sejuk untuk sebuah ruangan.

Namun demikian, ada beberapa kasus yang membuat unit AC di rumah Anda tidak lagi mengeluarkan udara dingin.

Tentu hal ini tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi juga dapat mengakibatkan risiko kesehatan bagi Anda, keluarga, dan hewan peliharaan yang ada di rumah.

Ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan unit AC di rumah Anda berhenti mengeluarkan air dingin. Berikut beberapa alasannya.

Baca juga: Ketahui Untung Ruginya Gunakan Split AC di Rumah

Menipisnya stok freon

Freon merupakan bahan kimia yang menggerakan sistem pendinginan di dalam unit AC yang Anda miliki.
Jika AC tersebut tidak mengeluarkan udara dingin, mungkin masalahnya adalah stok freon yang hampir habis sehingga perlu diisi kembali.

Persediaan freon yang semakin menipis juga bisa disebabkan oleh kebocoran unit AC. Segera hubungi tenaga profesional untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Perlukah Pakai Humidifier dalam Ruangan Ber-AC?

Filter kotor

Masalah lainnya dari unit AC yang tidak dingin adalah filter AC yang kotor atau tersumbat. Sepanjang tahun saat AC menyala, filter ini bekerja keras untuk menyaring rambut, serat, debu, bahkan serbuk sari.

Tak hanya kotor, filter AC yang tidak segera dibersihkan lama-kelamaan bisa tersumbat sehingga udara tidak dapat mengalir dengan benar.

Jika dibiarkan terlalu lama, filter yang tersumbat juga dapat menyebabkan suku cadang lebih cepat aus dari seharusnya. Bahkan dapat mempengaruhi kinerja koil evaporator dan kondensor.

Selain pembersihan rutin, filter harus diganti setiap tiga bulan.Terlebih, jika Anda memiliki hewan peliharaan dalam ruangan.

 

Koil evaporator atau kondensor bermasalah

Meskipun filter dapat menjaga koil tetap bersih, namun komponen ini juga akan aus seiring berjalannya waktu.
Karena kelembaban yang konstan, koil evaporator dalam ruangan Anda rentan terhadap masalah jamur.

Kondensor juga bisa aus seiring waktu. Ketika AC Anda tidak mengeluarkan udara dingin maka jangan lewatkan pemeriksaan pada bagian ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com