Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapatkah Pendingin Udara Berfungsi Tanpa Freon AC?

Kompas.com - 06/10/2022, 19:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Tanpa adanya freon AC sama sekali, sistem pendingin udara yang Anda miliki tidak akan mampu mendinginkan ruangan.

Namun jika freon AC berada di level rendah, Anda mungkin masih dapat merasakan udara sejuk dari sistem pendingin udara tersebut.

Freon AC harus hadir dalam jumlah yang cukup untuk menghilangkan panas dari udara. Meskipun AC bisa tetap bekerja dengan stok freon yang sedikit, namun hal tersebut tidak boleh berlangsung lama.

Baca juga: Selain Freon AC, Apa Saja Jenis Refrigeran yang Bisa Digunakan?

Setiap bagian pada AC memerlukan stok refrigeran yang cukup agar berfungsi dengan baik. Bila sistem terus dipaksa dalam kondisi di bawah tekanan, maka sistem mesin tersebut terutama bagian kompresor bisa rusak.

Kompresor bertanggung jawab untuk mengubah refrigeran menjadi gas bertekanan sehingga dapat memompa melalui seluruh sistem. Bagian ini akan menangani beban refrigeran tertentu berdasarkan kapasitas pendinginan unit AC Anda.


Ketika jumlah freon AC turun terlalu rendah, kompresor Anda akan mengalami masalah yang serius sehingga harus diganti dengan komponen yang baru.

Selain kompresor, komponen AC lainnya kemungkinan besar akan mengalami keausan saat stok freon AC menipis.

Ketika komponen-komponen tersebut harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan rumah maka unit AC akan menggunakan lebih banyak energi untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Hal tersebut berarti Anda harus menghabiskan lebih banyak dana setiap bulan untuk membayar tagihan listrik.

Baca juga: 5 Tanda Stok Freon AC Anda Makin Menipis

Saat AC dipasang, seorang teknisi harus mengukur dengan hati-hati level refrigeran yang benar. Jika level tersebut tidak akurat, maka dalam beberapa waktu mendatang bisa menyebabkan kebocoran freon.

Agar pengisian freon AC dilakukan dengan baik, sebaiknya panggil teknisi profesional agar pemasangannya sesuai prosedur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com