Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Kenapa Anda Harus Rajin Cuci Bantal

Kompas.com - 11/06/2023, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci sarung bantal mungkin sudah rutin dilakukan setiap minggu, tapi kapan terakhir kali Anda mencuci bantal?

Bantal adalah salah satu barang di rumah yang paling sering digunakan. Dalam satu hari, idealnya Anda menggunakan bantal selama 8 jam sebagai alas kepala saat tidur.

Saat Anda tidur, tubuh akan melepaskan ribuan sel kulit mati. Ini bisa menyebabkan hadirnya tungau debu di bantal Anda dan menghasilkan kotoran yang mengandung alergen.

Membiarkan penumpukan kotoran ini bisa membuat Anda terkena penyakit asma, rhinitis hingga mata gatal.

Selain itu, keringat atau minyak dari tubuh mungkin meresap ke bantal saat Anda tidur, meskipun bantal telah dilapisi dengan sarung.

Oleh karena itu, bantal harus dicuci secara berkala. Bantal juga dapat dicuci lebih sering, terlebih jika ada anggota keluarga yang sakit.

Kendati demikian, Anda harus mempertimbangkan cuaca ketika ingin mencuci bantal. Cuci bantal pada hari yang cerah, kering dan berangin untuk memastikan bantal kering lebih cepat.

Sementara untuk proses mencucinya, bantal bulu dan bantal serat poliester dapat dicuci dengan mesin ataupun dengan tangan.

Sebelum mencuci, pastikan tidak ada lubang atau robekan yang membuat isian bantal terlepas.

Baca juga: Kapan Waktunya Ganti Bantal Baru? Ini 6 Tanda-Tandanya

Selain itu, bersihkan noda yang terlihat di bantal dengan pembersih enzimatik atau sedikit deterjen sebelum dicuci.

Oleskan penghilang noda ke area yang kotor dengan sikat berbulu lembut dan biarkan selama 10 menit sebelum mencuci bantal.

Jika Anda mencuci bantal dengan mesin cuci, gunakan siklus lembut pada pemutaraan mesin cuci dan air yang dingin untuk mencuci bantal bulu.

Sedangkan bantal poliester bisa dicuci dengan air hangat atau dingin. Pilih deterjen yang rendah busa dengan efisiensi tinggi dan gunakan dalam jumlah yang sangat sedikit atau sekitar satu hingga dua sendok teh.

Jangan pernah menambahkan pelembut kain saat mencuci bantal. Kemudian, pastikan semua deterjen terbilas dengan sempurna.

Tambahkan siklus pembilasan kedua pada pencucian di mesin cuci dan bilas bantal beberapa kali hingga busa hilang jika mencuci bantal dengan tangan.

Selanjutnya, keringkan bantal di mesin pengering yang diatur ke api sedang dan tambahkan beberapa bola pengering wol untuk membantu memecah gumpalan bulu di bantal yang basah. Periksa pengering setiap 15 menit dan re-fluff bantal menggunakan tangan.

Akan tetapi, apabila Anda hanya ingin sekadar menyegarkan bantal tanpa mencuci, gunakan bahan alami soda kue.

Taburkan soda kue ke atas bantal dan diamkan selama 30 menit. Ulangi langkah tersebut di sisi lain bantal untuk hasil akhir yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com