Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hunian Bergaya Jepang Daisan, Raih Sertifikasi Ramah Lingkungan EDGE

Kompas.com - 02/06/2021, 14:31 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daisan, perumahan yang dikembangkan Swancity meraih sertifikasi ramah lingkungan Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) dari International Finance Corporation (IFC).

Daisan secara rata-rata berhasil melakukan penghematan energi sebesar 39,5 persen, penghematan air 32,75 persen, dan penggunaan energi terkandung lebih rendah (less embodied energy) sebesar 52,75 persen.

Angka ini melewati standar EDGE yang menetapkan penghematan energi, air, dan penggunaan energi terkandung pada bahan baku sebesar 20 persen dibandingkan dengan bangunan konvensional.

Baca juga: Berkat Insentif PPN, Swancity Raup Penjualan 60 Rumah Seminggu

Dengan bahan baku dan sistem rumah yang berkelanjutan, komplek perumahan Daisan akan mampu mengurangi jejak CO2 dengan menghasilkan operasional emisi karbonnya sebesar rata-rata 7,68 tCO2 per unit rumah tiap tahunnya dan menghemat 5,23 tCO2 per unit per tahun.

Residential Sales Director of Swancity Indonesia Arnold Montana mengatakan, permintaan pasar akan hunian hijau dan perubahan iklim yang diakibatkan oleh hasil bangunan terus meningkat.

"Untuk itu, kami konsisten untuk terus mengembangkan aspek keberlanjutan dan mengadopsi model yang lebih hijau untuk dapat memberikan masa depan yang lebih aman dan hijau bagi masyarakat,” kata Arnold dalam keterangan tertulis, Rabu (02/06/2021).

Daisan meraih sertifikasi EDGE sebagai rumah ramah lingkungan Swancity Daisan meraih sertifikasi EDGE sebagai rumah ramah lingkungan
EDGE sendiri merupakan sertifikasi yang dikeluarkan oleh IFC, sebuah lembaga di bawah naungan Bank Dunia.

Sertifikasi ini diberikan kepada pemimpin pasar untuk menunjukkan keunggulan kompetitif dengan membedakan produk mereka demi memberi nilai tambah pada kehidupan pelanggannya.

Sertifikasi bangunan hijau EDGE telah hadir di 170 negara. Perhitungan untuk penghematan energi meliputi pengurangan rasio antara jendela dan tembok, sistem pendinginan, dan bohlam lampu hemat energi di area outdoor dan indoor.

Sementara pada sektor pengukuran air, evaluasi meliputi aliran rendah pada air pancuran, keran di bak cucian dapur dan wastafel, serta siraman (flush) pada kloset.

Baca juga: Daisan, Perkongsian Jepang dan Singapura di Tangerang

Untuk bahan baku embodied energy , evaluasi dilakukan terhadap materi yang digunakan pada konstruksi atap, tembok dalam maupun luar, dan lantai.

Pada April 2021, Daisan juga mendapatkan sertifikasi EDGE untuk 4 tipe rumah, yaitu The Villa, The Flexible, The Courtyard, dan The Lakehome.

Klaster The Flexible dapat menghemat energi sebesar 37 persen, hemat air sebesar 28 persen, dan mengurangi penggunaan energi terkandung dalam bahan baku sebesar 50 persen.

Kemudian, klaster The Lakehome bisa hemat energi sebesar 44 persen, hemat air sebesar 38 persen, dan menggunakan energi terkandung 53 persen lebih kecil dibanding rumah konvensional.

Daisen, Swancity  meraih sertifikasi EDGE sebagai rumah ramah lingkungan Swancity Daisen, Swancity meraih sertifikasi EDGE sebagai rumah ramah lingkungan
Sedangkan klaster The Villa bisa mencapai penghematan energi hingga 35 persen, penghematan air hingga 29 persen, dan materi bahan baku yang less embodied sebesar 53 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com